Nunukan, SIMP4TIK - Dinas kesehatan pengendalian penduduk dan keluarga berencana menggelar pertemuan advokasi dan persiapan pelaksanaan pelayanan kesehatan bergerak tahun 2024 di ruang rapat Dinkes P2KB, Kamis (20/6/2024).

Dalam rapat ini di buka langsung oleh kepala bidang kesehatan masyarakat Hj. Nurmadia mengatakan tujuan dari pelayanan kesehatan bergerak ini adalah terselenggaranya upaya kesehatan yang tercapai, terjangkau dan bermutu untuk menjamin terselenggarannya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan yang optimal.

Kegiatan ini di hadiri oleh dr. Hesty selaku kabid pelayanan medis RSUD Nunukan, Yosep Bilung selaku kasi PPU kecamatan Krayan Timur, serta jajaran panitia pelaksana pelayanan kesehatan bergerak.

Dari hasil rapat pada kegiatan pelayanan kesehatan bergerak di tetapkan di desa Long Umung kecamatan Krayan Timur dengan estimasi 200 kunjungan dan jumlah petugas Puskesmas beserta dokter berjumlah 8 orang dan petugas pelaksana pelayanan kesehatan bergerak beserta dengan dokter spesialis berjumlah 15 orang, total seluruh pelaksana kesehatan bergerak berjumlah 23 orang.

Adapun masukan yang di berikan dari dr. Hesty apabila di temukan adanya pasien yang akan di rujuk maka perlu mencatat hasil pemeriksaan sehingga kita bisa mendapatkan informasi lebih awal untuk antisipasi adanya penyakit yang di derita pasien, serta penambahan di administrasi dan pemeriksaan tensi bisa di tambah menjadi 3 orang dan untuk bagian farmasi bisa dibedakan menurut jenis resep obat.

Adapun masukan dari Yosep Bilung, krayan ini harus menggunakan pesawat dan jadwal terbang pesawat juga tidak tentu, maka dapat menyerahkan nama petugas di Kabupaten yang akan berangkat ke krayan Timur 1/2 minggu sebelum kegiatan agar bisa di lihatkan jadwal pesawat.

Harapannya semoga kegiatan pelayanan kesehatan bergerak tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom