SIMP4TIK News – Dalam upaya meningkatkan mutu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) melalui bidang kesmas melaksanakan kegiatan Pertemuan Penguatan Kapasitas FKTP melalui Pemantauan Mutu. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Fortune, Selasa-Rabu (25/10).

Tujuan dari pertemuan ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas serta kompetensi petugas puskesmas sehingga mampu meningkatkan mutu puskesmas. Pemantauan mutu merupakan suatu upaya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.  Penilaian mutu pada FKTP adalah melalui akreditasi puskesmas.

Mengingat pentingnya hal ini maka bidang kesmas melaksanaan pembinaan untuk meningkatkan Kapasitas Penanggung Jawab Mutu Puskesmas. Adapun jumlah Puskesmas di Kabupaten Nunukan yaitu sebanyak 18 Puskesmas. Lokus dalam kegiatan pertemuan penguatan kapasitas FKTP melalui pemantauan mutu ini sebanyak 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Aji kuning, Lapri, Sungai Taiwan.

Hadir dalam pertemuan ini Kepala bidang kesmas dan jajarannya, petugas puskesmas yang merupakan tim manajerial yaitu masing-masing penanggungjawab program UKM,UKP, dan tim mutu.

Materi yang disampaikan antara lain Indikator Nasional Mutu (INM) yang terdiri dari enam indikator yaitu Indikator Kepatuhan Kebersihan Tangan, Indikator Kepatuhan Alat Pelindung Diri, Indikator Identifikasi Pasien, Indikator Pelayanan ANC Sesuai Standar, Indikator Keberhasilan TB SO, Indikator Survei Kepuasan Pelanggan.  Selain itu juga ditambahkan materi mengenai insiden keselamatan pasien.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga besok ini di organisir oleh Kepala Bidang Kesmas, Hj. Nurmadia,SKM., M.Kes menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat diterapkan oleh petugas di tempat kerjanya masing-masing dan kedepannya kegiatan ini akan dilakukan  secara bertahap untuk semua puskesmas.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom