SIMP4TIK News - Ketua Panitia Jambore Ranting dan Pesta Siaga Pulau Nunukan, Aswan Sanduk, menyebut Jumlah peserta yang ikut berkegiatan di Bumi Perkemahan (Buper) Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan ini capai ribuan orang, yang terdiri dari tingkat SD dan SMP.

Meski kegiatan ini tingkat kecamatan yaitu kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan, dari Kecamatan Sebuku pun juga turut berpartisipasi.

"Kegiatan pramuka di Buper Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan ini ada tiga yaitu Jambore Ranting, Pesta Siaga Pulau Nunukan, dan Hari  Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke - 62," terang Aswan Sanduk, Rabu (6/9).

Aswan Sanduk, memastikan kegiatan tersebut tidak akan berbenturan meskipun dilaksanakan di lokasi yang sama.

"Kegiatan tetap berjalan sesuai dengan agenda dari panitia, artinya ada 3 kegiatan dalam satu buper. Yang pertama Jambore Ranting, Pesta Siaga dan memperingati hari pramuka yang ke 62, untuk 2 agenda Jambore dan pesta siaga kegiatannya terpisah," ujarnya

Meurut Aswan Sanduk, pada Kamis (7/9) peserta pesta siaga akan masuk sebanyak 310, hanya untuk tingkat SD dengan umur 7 sampai 10 tahun.

"Mereka tidak berkemah, hanya mengikuti kegiatan pagi hari hingga sore dan pulang, Kegiatan mereka diantaranya mengikuti lomba talitemali, atribut pramuka, lomba balok estafet dan lainnya lagi" terang Aswan Sanduk

Sedangkan untuk peserta jambore dan Bina Damping, kurang lebih 700an, dari tingkat pelajar SD usia 11-12 tahun dan SMP.

"Jambore sendiri kegiatannya adalah tentang penghijauan, menaman pohon disekitar bumi perkemahan, kami bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi, alhamdulilah sudah ada bantuan bibitnya," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS