SIMP4TIK News - Pelayanan Kesehatan Bergerak ( PKB) Tahap IV merupakan PKB terakhir di tahun ini. PKB yang bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan pada masyarakat di kawasan terpencil, sangat terpencil yang dilaksanakan 20 - 25 November 2022 dengan sasaran masyarakat di wilayah Lumbis Hulu yaitu Desa Tau Lumbis dan Lumbis pansiangan yaitu Desa Panas, Desa Labang dan Desa Sumentobol.

PKB Tahap IV memberikan pelayanan kesehatan pada 493 warga masyarakat dengan jenis layanan eksisi tumor terhadap 9 pasien dari 4 desa oleh spesialis bedah. Selain itu juga pelayanan penggunaan modalitas alat infra red,US Portable, laser radiation, tindakan physical Exercise, support mental dan home program exercise. Spesialis Penyakit Dalam memberikan pelayanan Kesehatan terkait penyakit dalam. Pelayanan Kesehatan kandungan dan Kebidanan oleh bidan. Pelayanan Gigi dan mulut (pencabutan gigi serta pembuatan Protesa / Gigi palsu). Pelayanan Kesehatan Umum, Promosi Kesehatan umum, Pelayanan Farmasi. Pelayanan Skrining PTM. OJT ( On Job Training ) oleh Spesialis  Bedah, Spesialis Penyakit dalam dan Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi kepada nakes sebagai upaya peningkatan pengetahuan.

Erni, S. Kep.,Ns, menyampaikan selain mendapatkan pelayanan kesehatan masyarakat juga masih mendapatkan paket hygiene sanitasi seperti odol, sabun, sikat gigi dan botol air.

Kegiatan ini didukung oleh Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara dan Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan dalam hal ini Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas). 

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom