SIMP4TIK NEWS- Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menerima kedatangan peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI). Program iini  merupakan program proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.  

Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan diwakili oleh bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) bagian Sumber Daya Manusia (SDM) bersama Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan Kemenkes RI dalam hal ini Tim KIKI Pusat dan Sekretariat KIKI Pusat menyelenggarakan acara pembekalan bagi PIDI Angkatan I periode Februari 2023 di Hotel Padmaloka, Kota Tarakan. Kamis-Sabtu ( 23/2- 25/2).

Acara ini diikuti oleh seluruh dokter internship, dokter pendamping, Pimpinan Wahana/ perwakilan RSUD Nunukan, perwakilan Puskesmas Sedadap, perwakilan Puskesmas Nunukan, bidang SDK Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan , Sekretariat KIKI Provinsi serta Sekretariat Pusat sebagai Panitia.

Berdasarkan surat tugas dari Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, 12 dokter internship akan ditempatkan di tiga wahana yaitu RSUD Nunukan, Puskesmas Nunukan dan Puskesmas Sedadap per bulan Februari 2023 s.d Februari 2024. Program Internsip Dokter Indonesi dilaksanakan selama satu tahun sebagai syarat untuk mendapatkan kewenangan praktek bagi dokter yang telah lulus pendidikan.

Seluruh dokter internship diterima oPlt.Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan. Menurut Hj. Miskia, S.Si.,Apt., M.M pada Senin (27/2}. Saat menerima dokter interenship itu, Miskia menjelaskan tentang tujuan pelaksanaan PIDI.

"Tujuan pelaksanaan PIDI untuk pemahiran dan pemandirian dokter juga untuk pemenuhan kebutuhan dokter dalam mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat di fasilitas pelayanan kesehatan," katanya. 

Selanjutnya Plt Kepala Dinas Kesehatan P2KB juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenkes RI yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) di Kabupaten Nunukan sebagai tempat pengabdian dokter internship. Program ini memang sangat dibutuhkan di Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) khususnya tenaga medis dalam pelayanan kesehatan.

Serah terima peserta PIDI Angkatan I tahun 2023 dari Kementeriaan Kesehatan diserahkan langsung oleh Perwakilan KIKI Pusat, Dr dr R Angga Kartiwa Sp M(K) M Kes  yang selanjutnya akan ditempatkan sesuai wahana masing-masing di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.(*)

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Kaharuddin, SS