Nunukan, SIMP4TIK - Guna mencetak pemain handal di persepakbolaan Nunukan, Pemerintah Kabupaten Nunukan bersama PSSI menggelar pertandingan sepak bola usia 15 tahun atau U 15.

Digelar di Stadion Sungai Bilal diikuti 21 tim kesebelasan se Kabupaten Nunukan, pertandingan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan H. Asmar.

“Saat ini Indonesia sedang euforia sepak bola nasional, tidak hanya senior, juga mulai marak pertandingan U 15, U 16, dan U 19, sehingga ini menjadi penting untuk kita mendidik sejak dini sumberdaya yang dimiliki nunukan melalui pertandingan U 15 ini," ujarnya H. Asmar, Jumat (27/09/2024).
 
Asmar juga mengatakan, dengan kita didik dan pembinaan menjadi bagian dari sumber daya masa depan kita mudah-mudahan anak-anak kita nanti sampai ke tingkat Nasional bahkan Internasional.
 
“Kalau menurut sejarah Nunukan U-14 pernah menang se Kaltim. Ini kita coba dari U-15 mudah-mudahan memunculkan bibit unggul baru yang bisa berprestasi," harapnya.
 
Pada kesempatan ini Asmar juga menitip pesan, kepada wasit dan official untuk selalu menjunjung sportifitas dengan profesional.
 
“Jadi pada prinsipnya dengan wasit dengan official kami juga sudah sampaikan bahwa kita profesional, artinya kalau mau menghasilkan bibit yang bagus ya harus profesional jadi jangan ikut-ikutan dengan yang lalu-lalu, mudah-mudahan ini menjadi hal yang penting untuk anak-anak kita. Sehingga menjadi kebanggaan kita karena bisa mencapai tingkat Nasional," harapnya.
 
“Euforianya peserta terlihat sangat tinggi,  diantara anak-anak sekolah karenanya kita berharap mudah-mudahan tidak ada keributan.  Saya minta semua semua profesional jadi saya minta dari tingkat wasit, official dan penonton untuk tetap profesional ini dalam rangka mencari bibit," tambahnya lagi.
 
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Serta Pariwisata Kabupaten Nunukan, Abdul Halid menerangkan, ada 21 tim sistem pertandingannya setengah kompetisi full, tujuan pertandingan sepak bola U 15 ini untuk mencari bibit-bibit unggul sekalian pembinaan.

"Alhamdulih ini terlaksana dengan baik ini juga merupakan rangkaian memperingati HUT Kabupaten dan hari olahraga nasional. Dan dari sisi positif kita upayakan dilaksanakan setiap tahun," pungkasnya.(*)

Foto : Wahyu

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom