Nunukan, SIMP4TIK - Bertempat di ruang rapat lantai 4 kantor Bupati Nunukan, Senin (2/8/2024), dilaksanakan Launching Aksi Perubahan Integrasi Pengumpulan Data Melalui  Media Digitalisasi (GRID).  
 
Launching GRID dihadiri Plt. Sekretaris Daerah H. Asmar SE. M.AP turut hadir mendukung aksi perubahan yakni Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bapenda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Pendidikan, dan sejumlah pejabat eselon 3 dan Kasubag Tata Usaha dan Rumah Tangga di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.
 
Aksi perubahan GRID digagas oleh Elda Apritia Puspita Dwi, ST, Kepala Subbagian Tata Usaha Dan Rumah Tangga Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang merupakan salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XV Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Kelas Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024. 

"Hadirnya GRID merupakan salah satu perwujudan Reformasi Birokrasi (RB) Tematik , yaitu digitalisasi administrasi pemerintahan,   sehingga terwujudlah tata kelola pemerintahan yang bersih, berkualitas, terpercaya, efektif, transparan, dan akuntabel, GRID hadir memberikan solusi bagi permasalahan yang sering terjadi di OPD yaitu kurangnya SDM,  kurangnya ketersediaan dan pengumpulan data  karena dilakukan secara manual sehingga data yang diperlukan rentan hilang dan tidak berkualitas,” terang Elda Apritia Puspita Dwi.
 
Elda jga menjelaskan, dengan GRID proses Pengumpulan data menjadi mudah karena menggunakan Google Spreadsheet dan Sid.

“Dimana sistem ini menampilkan Fitur data SPM, Data LPPD, Data Realisasi Fisik dan Keuangan, Penjagaan Cuti, Penjagaan Kenaikan Gaji Berkala, Penjagaan Satya lencana Karya, Penjagaan Kenaikan Pangkat, Data Diklat,  Perjanjian kinerja, Fakta integritas dan SOP,”tuturnya.
 
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Farida aryani S.E, M.A.P sangat mendukung aksi perubahan GRID. “Ini karena sangat membantu dalam pengumpulan data dan memberikan informasi yang tepat  pelaporan keuangan dan  kepegawaian,” pungkasnya.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom