SIMP4TIK News - Palang Merah Indonesia (PMI) Nunukan akan berpartisipasi pada Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara)  Nasional yang akan berlangsung di Lampung. Hal ini disampaikan Kepala Markas PMI Nunukan H Ashar Azis kepada Ketua PMI Nunukan Kaharuddin SS di ruang kerja Kepala Dinas Kominfo Nunukan, Kamis, (22/6). 

Dalam laporannya, H Ashar menyampaikan PMI Nunukan akan mengikuti Jumbara Nasional di Lampung dengan mengirimkan peserta delapan orang yang terdiri atas enam peserta yang berasal dari  Palang Merah Remaja Kecamatan Sei Manggaris, Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Sebatik Barat didampingi dua orang relawan senior dari PMI Nunukan. 

"Insya Allah kita jadi mengikuti Jumbara Nasional di Lampung, ada delapang peserta dari PMI Nunukan, dua pendamping dan enam peserta dari Palang Merah Remaja Kecamatan Sei Manggaris, Nunukan dan Sebatik Barat," lapor H Ashar. 

Menurut Ashar, persiapan untuk mengikuti Jumbara sudah dipersiapkan diawali dengan Jumbara atau perkemahan tingkat Kabupaten Nunukan yang sudah dilaksanakan beberapa bulan lalu. 

"Sebelumnya kita sudah melakukan persiapan, diawali dengan pelaksanaan Jumbara atau Perkemahan PMI tingkat Kabupaten Nunukan, dari situ kita sudah bisa melihat yang berpotensi mengikuti jumbara tingkat nasional yang ditindak lanjuti dengan pelatihan-pelatihan," katanya. 

Pembiayan mengikuti Jumbara Nasional ini menurut Ashar ditanggung masing-masing peserta Palang Merah Remaja melalui pengumpulan donasi baik dari masyarakat maupun dari orang tua peserta Jumbara. 

"Kita bersyukur untuk mengikuti Jumbara Nasional ini ada dukungan dari masyarakat maupun dari orang tua peserta sehingga PMI Nunukan bisa mengikutkan peserta pada Jumbara Nasional," ungkapnya. 

Menuju ke Jumbara  nasional, Peserta dari PMI Nunukan rencananya akan dilepas Bupati Nunukan yang waktu pelaksanaannya menurut Ashar sudah dikomunikasikan kepada Bagian Prokopim Pemkab Nunukan. 

"Kami sudah lakukan komunikasi ke Bagian Prokopim, dijanji akan disampaikan kepada Bupati untuk waktu dan kesediaan beliau melepas kontingen PMI Nunukan," tambah Ashar. 

Pemberangkatan kontingen PMI Nunukan pada Jumbara Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2023 sehingga pelepasan kontingen Jumbara ini diharapkan berlangsung sebelum tanggal 30 Juni 2023 ini. 

Mendapatkan laporan ini, Ketua PMI Nunukan Kaharuddin menyampaikan beberapa pesan kepada pendamping yang terdiri atas Ignasius dan Sugianto. Kaharuddin menegaskan agar di dalam pelaksanaan Jumbara ini menjaga nama baik Kabupaten Nunukan serta menjaga diri dan peserta yang didampingi. 

"Paserta jumbara asal PMI Nunukan adalah duta daerah, jaga nama baik daerah, keluarga dan diri sendiri serta jaga keselamatan semua peserta mulai dari pemberangkatan hingga kembali," pesannya.( *)

Teks/Foto : Sugianto (Tim Publikasi PALANG MERAH INDONESIA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim