Nunukan, SIMP4TIK - Pongtiku Fc merupakan klub sepak bola yang terbentuk pada tahun 2007. Pembentukan club ini  atas inisiatif anak-anak muda yang berdomisili di jalan pongtiku RT.16. Club ini pertama kali mengikuti pertandingan Sepak Bola di Tanah Merah  Liem Hie Djung Nunukan.  

Setelah itu Pongtiku FC  kemudian vakum tidak mengikuti gelaran turnamen apapun dan pada tahun 2017  Pongtiku FC tampil lagi  dalam gelaran Futsal  Manrapi  cup dan keluar sebagai Runner up.   

Atas inisiasi dan dorongan dari orang-orang  tua dan  beberapa anak muda toraja  dalam sebuah pertemuan, Pongtiku FC  kembali  bangkit.   

Pembentukan Pontiku FC bertujuan menghindarkan anak-anak muda dalam pergaulan yang negative dan mengajarkan mereka bagaimana berorganisasi yang baik dan benar dalam bidang kepemudaan dan olahraga.

Hasil   Rapat  terbentuklah  Tim  Pongtiku FC  dengan pengurus inti antara lain  Manajer Tim Apriyanto, S,Kom, Asisten Manjejer Rano Rante, Pelatih Utama Suhedi Tiranda , Asisten Pelatih Joni Tonapa, Sekretaris Jeky Pasang dan Bendahara Rifka Oliviana.

Dibawah komando koordinator dana Darmirius,   Pongtiku FC mulai mencari dana, sponsor dan donator untuk mendukung   tim yang mereka bentuk untuk menghadapi turnamen bupati cup. 

Setelah hampir  tujuh tahun  tidak mengikuti turnamen sepak bola,  dengan keyakinan dan dukungan dari semua tua-tua toraja dan semua pengurus  dengan satu tekad mereka bisa.

 Berbekal keyakinan itu, tahun ini  Pongtiku FC kembali  ikut meramaikan gelaran sepak Bola yang di adakan dalam rangka Hut Kabupaten Nunukan yang ke 25 tahun dalam ajang Bupati Cup Football,   

Di nahkodai oleh  kapten Munawir Basri  yang merupakan pemain lokal Kaltara  dan beberapa pemain local Nunukan serta  beberapa pemanin luar Kaltara,  Pongtiku FC  dalam  beberapa tahapan kompetisi  selalu  tampil sangat baik dan selalu unggul.

Ini  membuktikan kalau mereka juga bisa dan mampu  dan akhirnya  Pongtiku FC sampai pada puncak turnamen yaitu   Grand Final  Sepak Bola Piala Bupati Nunukan setelah mengalahkan Gapindo FC dengan skor 4 – 0.

Grand Final   tersebut akan berlangsung pada hari minggu tanggal 21 Juli 2024 di Stadion Sungai Bilal Nunukan  dan akan berhadapan dengan Lanto FC yang lebih dahulu mengandaskan  sang juara di musim yang lalu yaitu Perseto FC lewat drama adu finalti. 

Dibawah tangan dingin Suhedi Tiranda, Pongtiku FC optimis bisa menampilkan yang terbaik hingga berhasil  merebut gelar sang juara  dalam turnamen Bupati Cup tahun 2024.

Ayo seluruh fans Pongtiku FC mari kita dukung sepenuh jiwa, mengantarkan Pongtiku FC  mencapai dan merengkuh juara. (*).

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Kaharuddin, SS