Nunukan, SIMP4TIK - Inspektorat Kabupaten Nunukan menggelar sosialisasi terkait Survei Penilaian Integritas (SPI) oleh KPK yang berlangsung di ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Senin (27/05/2024).

Atas nama pemerintah, Wakil Bupati Nunukan Hanafiah memberikan penghargaan dan apresiasi serta menyampaikan terima kasih kepada Inspektorat Kabupaten Nunukan atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut.

“Ini adalah kegiatan yang sangat penting dan strategis dalam rangka mendapatkan penilaian terhadap jalannya pemerintah Kabupaten Nunukan selama 1 tahun tentunya,” ujar Hanafiah.

Dikatakan lebih lanjut, survei penilaian integritas oleh KPK ini diberikan kepada ASN atau Non ASN yang berada dibawa naungan Bupati dan Wakil Bupati sebagai kepala daerah. 

“Saya ingin mengetuk hati bapak / ibu agar kiranya memberikan perhatiannya untuk mau mengisi survei dengan mencegah korupsi sejak dini. Jika responden mengabaikan pertanyaan dari tim KPK atas survei yang diberikan, akan berdampak kepada kepala daerah,” tambahnya.

Sementara itu disampaikan Inspektur Pembantu Bidang Investigasi Dan Pengaduan Masyarakat Muhammad Rifai, survei yang dilakukan dengan tujuan membantu institusi untuk memetakan risiko korupsi dan mengukur efektivitas upaya pencegahan korupsi yang telah dilakukan. 

Nilai integritas nasional 70,97, sementara untuk Kabupaten Nunukan berada jauh di bawah nilai integritas yaitu 68,04 yang merupakan hasil perhitungan skor dari responden internal, eksternal, dan eksper (pakar). 

Skor turun sebanyak 3,52 poin dari tahun sebelumnya, nunukan saat ini berada dalam kategori rentan. Tingkatkan skor sebanyak 4,96 poin untuk masuk ke dalam kategori waspada.

Pemanfaatan hasil survei penilaian integritas menjadi panduan perumusan kebijakan anti korupsi di indonesia. Sebagai dasar pemberian insentif bagi KLPD, sebagai tolak ukur penilaian kinerja bagi KLPD, dan tools pembanding bagi kegiatan-kegiatan pengawasan / monitoring lainnya.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom