Nunukan, SIMP4TIK – Paket pekerjaan Peningkatan dan pemeliharaan Waduk Binusan, pada Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (DPUPR) Kabupaten Nunukan, sementara progresnya kini capai 60 Persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Sainuddin, S.T., saat ditemui media ini, diruang kerjannya, Senin (09/09/2024).

Pengerjaan Penigkatan dan pemilharaan Waduk Binusan oleh CV. Kemaluh Construction dengan pagu Rp. 479.940.000, yang sumber anggarannya dari APBD 2024.

Sainuddin, mengatakan ada beberapa kendala dalam proses pengerjaan Penigkatan dan pemeliharaan Waduk Binusan, namun hal tersebut lebih ke faktor teknis.

“Alhamdulillah, hasil monitoring kami dilapangan waduk Binusan saat ini sudah sekitar 60 persen lebih," ucapnya.

Lanjut Sainuddin menjelaskan, progres pengerjaan waduk Binusan sedikit terkendala, selain menunggu air waduk kering agar dapat dilakukan pengerukan, juga di Nunukan belum ada alat berat khusus terapung atau alat berat yang long (Panjang).

“Kendala dalam pengerjaannya seharusnya memakai alat berat khusus terapung atau alat yang panjang, di Nunukan belum ada, untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan berbagai kendalanya, kita coba dengan menggunakan metode dan teknik di lapangan terpaksa menggunakan dua alat di lokasi satu alat DC 200 dan DC 50 excanya, supaya bisa mendampingi satu alat ketika ke tengah waduk karena harus Long pengerukkan sidimennya,” terangnya.

Lanjut Sainuddin, pekerjaan juga tidak dapat dilaksanakan setiap harinya, mengingat waduk Binusan pelayanan ke masyarakat.

"Kendala lainnya karena air harus terus mengalir, pengerjaannya tidak dapat dilakukan setiap hari, jadi kerja sehari kita tutup sehari agar pelayanan air bersih kemasyarakat tetap berjalan. Sementara kalau tidak kering air di waduk tidak maksimal juga kerjanya karena kita harus menggali sampai di dasarnya,” pungkasnya.(*)

Foto : Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Sainuddin, S.T.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom