Sebatik Barat, SIMP4TIK - Bertempat di Kantor Desa Bambangan, puluhan pemuda Desa Bambangan mengikuti pelatihan jurnalistik dengan antusias. Kegiatan yang digagas oleh Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Kabupaten Nunukan ini di selenggarakan Jumat, (6/09/2024).

Kepala Desa Bambangan, Sulaiman juga turut antusias atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya jurnalis desa harus ada sebagai motor penggerak penyebarluasan informasi pembangunan yang ada di desanya.

"Saya senang sekali ada kegiatan seperti ini. Nah kedepannya setelah SDM-nya siap, kami bisa anggarkan alat pendukung seperti kamera atau drone. Percuma saja dianggarkan kalo SDM-nya tidak ada. Jadi ini bagus sekali untuk kami," tutur Sulaiman.

Asa Zumara, Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Kabupaten Nunukan hadir sebagai pemateri pada kegiatan pelatihan jurnalis desa tersebut. Ia memaparkan secara singkat apa itu jurnalis desa dan peran utamanya. Disamping itu juga teknik menulis berita dan teknik wawancara turut disampaikan dengan gamblang.

Tidak hanya menyampaikan materi, tapi Asa juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk praktek langsung menulis berita secara berkelompok. Setelah hasil tulisan kelompok selesai, Ia kemudian mengevaluasi dan memberikan masukan.

Hardi, salah satu peserta mengaku sangat tertarik dengan dunia jurnalistik. Ia meminta waktu untuk berkomunikasi lebih lanjut kepada pemateri. Selanjutnya ia berjanji akan mengirimkan karya-karya tulisannya untuk diedit pemateri sebelum diunggah ke website Desa Bambangan.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS