Sebatik Utara, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melalui Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Kembali melanjutkan sosialisasi SIKDA Generik pulau sebatik di Ruang Pertemuan Puskesmas Sebatik Utara, Sabtu (18/5/2024).

Kegiatan ini di buka langsung oleh kepala puskesmas Sebatik Utara Drg. A. Syahriful Asri mengatakan bahwa penginputan SIKDA Generik harusnya sudah berjalan di puskesmas tetapi karna ada update website sehingga data penginputan rekam medik pasien lebih lengkap dari sebelumnya.

"Untuk puskesmas sebatik utara sampai saat ini sudah melakukan website SIKDA Generik ini tetapi masih terkendala oleh sarana yang tersedia berita Laptop/PC agar lebih memudahkan petugas di puskesmas sebatik utara dalam menginput rekam medik pasien," terangnya.

Dalam Sosialisasi Sikda ini Feri Styaningsih, SKM selaku Pemateri pada hari ini juga mengatakan SIKDA Generik ini adalah aplikasi sistem informasi kesehatan daerah yang berlaku secara nasional yang dapat menghubungkan secara online dan terintegrasi seluruh puskesmas dan sarana kesehatan lainnya.

SIKDA Generik ini di kembangkan oleh Pusdatin sehingga pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui data dan informasi kesehatan melalui situs web SIKDA Generik.

Feri styaningsih, SKM juga menyampaikan untuk tahun 2024 akan ada sarana Laptop/PC yang di berikan oleh Dinas Kesehatan P2KB sebanyak 2 Unit setiap puskesmas, tetapi dengan perjanjian kepada kepala puskesmas untuk menggunakan sarana yang di berikan hanya untuk penginputan SIKDA Generik.

Di harapakan SIKDA Generik ini dapat berguna secara efektif sebagai alat komunikasi pengelola data/informasi di daerah, saya berharap upaya peningkatan kualitas dan kuantitas puskesmas yang memanfaatkan teknologi informasi SIKDA Generik sehingga transaksi data puskesmas dan Dinas Kesehatan P2KB akan lebih mudah dan menghasilkan data yang lebih valid dan lengkap.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom