SIMP4TIK News - UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Puskesmas Setabu saat ini sedang naik daun. Pasalnya Pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja) Grasilaria, Sebatik barat ini berhasil meraih Juara I kategori Best Video Profile Pos UKK dan Juara II untuk Pos UKK Tingkat Provinsi Kalimantan Utara. Pos UKK Gracilaria Setabu merupakan Pos UKK yang dibentuk tahun 2018 dengan sasaran para petani rumput laut.

Pos ini dibuka dengan tujuan sebagai salah satu upaya program kesehatan kerja dan olahraga untuk dapat membina para pekerja khususnya pekerja rumput laut yang berada di wilayah kerja Puskesmas Setabu. Selain itu Pos UKK ini juga dikembangkan sebagai salah satu upaya untuk menjaring masyarakat kelompok usia produktif untuk mendapatkan pelayanan pada program Kesehatan seperti Penyakit Tidak Menular serta program usia produktif lainnya.

Menurut Sapar Yasin, Kepala Puskesmas Setabu pada saat itu menyampaikan ada beberapa kriteria penilaian dalam perlombaan Pos UKK yang dilaksanakan pada bulan September 2023. Antara lain adalah koordinasi lintas sektor dan ketrampilan Kader.

Sapar Yasin dalam wawancaranya dengan Tim Publikasi menyampaikan, “Alhamdulillah Puskesmas Setabu bisa meraih juara II Pos UKK dan Juara I Best Video Pos UKK Tingkat Provinsi Kalimantan Utara. Hasil ini menjadi semangat kami dan Puskesmas setabu untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan di Pos UKK di wilayah Puskesmas Setabu dan harapan kami masyarakat mau memanfaatkan ppelayanan Pos UKK yang sudah di siapkan di setiap desa. Selaian itu kami Puskesmas Setabu siap untuk membuat Pos UKK di tempat-tempat baru sesuai Kebutuhan masyarakat,” tutupnya.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom