SIMPATIK News - Lomba senam Yameto dan Lukiwol yang merupakan kreasi khas asli Nunukan menjadi salah satu agenda dalam memeriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan ke -24 tahun 

Lomba diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disporapar) di Paras Perbatasan, Nunukan Selatan, Rabu (11/10).

Kegiatan dilaksanakan Sejak Hari Selasa di buka untuk kategori Pelajar dan Umum.

Marlina selaku Kabid Olahraga Disporapar Nunukan, menyampaikan senam Yameto dan Lukiwol merupakan gabungan gerak tari kreasi dan senam dengan musik yang menggunakan bahasa salah satu suku Dayak yang ada di Kabupaten Nunukan. Gerakan yang ditampilkan harus sesuai dengan lagu tersebut.

Kegiatan lomba senam ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Disporapar dalam mendukung suksesnya acara HUT Kabupaten Nunukan.

"Lomba senam ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Disporapar dalam mendukung suksesnya acara HUT Kabupaten Nunukan Ke-24. Dengan tujuan melestarikan senam kreasi yang diciptakan untuk memperkenalkan budaya yang ada di Nunukan khususnya budaya Suku Dayak dan Tidung," ujar Marlina.

Lomba senam Yameto dan Lukiwol sendiri, lanjut Marlina, pada hari pertama dimulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak senam Yameto 19 peserta lukiwol 17 peserta, SMP 18 peserta,lukiwol 18 Peserta, SMA  Senam Yameto 29 peserta,lukiwol 16 peserta sedangkan umum 12 peserta dan lukiwol 7 peserta.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom