SIMP4TIK News - Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Bappeda Litbang gelar rapat Forum Perangkat Daerah Tahun 2023 dalam rangka Penyusunan dan Penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nunukan Tahun 2024 di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Selasa (14/3).

Kepala Bappeda Litbang Raden Iwan Setiawan menyampaikan tujuan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini adalah menyelaraskan program kegiatan perangkat daerah dengan usulan program kegiatan hasil Musrenbang Kewilayahan, mempertajam indikator serta target kinerja program perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi, menyelaraskan program perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran dan menyesuaikan pendnaan program sesuai dengan berdasarkan pagu indikatif.

Sementara itu mewakili Bupati Nunukan Asisten Ekonomi dan Pembangunan H. Asmar mengharapkan melalui kegiatan ini diharapkan OPD dapat merumuskan Rencana Pembangunan Perangkat Daerah Tahun 2024 berpedoman dengan Renstra perangkat daerah tahun 2021 - 2026.

Menurutnya Renstra OPD dan Renja OPD memuat tujuan, sasaran, indikator dan target dalam bentuk program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

"Saya berharap OPD mampu memanfaatkan dan mengembangkan sebanyak mungkin potensi - potensi yang ada di Kabupaten Nunukan terutama sektor perikanan , pertanian dan perkebunan serta UMKM yang dianggap mampu sampai pada pengembangan industri berbasis sumber daya lokal dan semakin mempercepat dalam berbagai program pembangunan Kabupaten Nunukan yang unggul dan kompetitif," ujarnya.

Forum ini dirangkai dengan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri ( P3DN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan. Dengan menghadirkan narasumber dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Felix Joni Darjoko yang memaparkan tentang Optimalisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada Belanja Moda Pemerintahan Daerah Kabupaten Nunukan.

Dilanjutkan dengan Pemaparan dari Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan Daerah, M. Asril Supardi  tentang Kondisi, Potensi dan Proyek Pendapatan Daerah Kabupaten Nunukan Tahun 2024 dan Pemaparan Skema, Proyeksi Belanja dan Pembiayaan Daerah Kabupaten Nunukan tahun 2024 oleh Kepala Bidang Perbendaharaan dan Kas Daerah BPKAD Lisran. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS