Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) menggelar rapat persiapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kabupaten Nunukan bertempat di ruang rapat Dinkes P2KB, Senin (10/6/2024).

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan upaya yang di laksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasinya bagi pembangunan sumber daya masyarakat yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Berdasarkan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 Indikator Germas dapat melalui peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan edukasi hidup sehat.

Rapat ini di buka langsung oleh kepala bidang kesehatan masyarakat Hj. Nurmadia SKM.M.Kes mengatakan dalam rapat ini mungkin bisa membahas siapa penanggung jawab, kapan pelaksanaan, dimana pelaksanaannya, dan bagaiman konsep pelaksanaannya dengan pemaparan ini bisa menjadikan sebagai gambaran kegiatan germas yang akan di laksanakan di lapangan.

Selanjutnya  pemaparan kegiatan germas oleh Selamat, skm selaku koordinator Promkes dan SIK.

Hasil rapat persiapan germas Kabupaten Nunukan di tetapkan di wilayah Sebatik untuk tempat pelaksanaan saat ini di lapangan umum Kecamatan Sebatik. Lomba yang akan di selengarakan pada kegiatan germas yaitu, lomba posyandu aktif, lomba kreasi menu sehat, lomba Rangking 1, lomba bayi/balita yang status gizi baik setaip bulan di posyandu, bayi/balita yang terpantau pertumbuhannya di posyandu setiap bulan, bayi/balita sehat dengan imuniasi lengkap di posyandu, kader posyandu terbaik, kader posyandu teraktif, lansia rutin kunjungan ke posyandu, pasien PTM rutin kunjungan ke posyandu.

Harapannya semoga dalam pelaksanaan germas di tahun 2024 ini dapat berjalan dengan baik dan diharapkan kerja sama bapak/ibu untuk mensukseskan pelaksanaan germas di tahun 2024 di wilayah sebatik.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom