SimpatikNews, Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa Kembali menyapa warga di Yamaker kelurahan Nunukan Barat melalui menjaringan aspirasi, Reses Masa Persidangan II Tahun 2023-2024 yang digelar, Jumat (19/4/24).

Reses yang dihadiri warga dan pedangang di pasar Yamaker itu terbilang meriah karena merupakan momentum penyampaian aspirasi sekaligus memberikan masukan dan usulan peningkatan Pembangunan di Kabupaten Nunukan di wilayah Nunukan Barat.

“ Kita Kembali menyerap aspirasi warga di Kelurahan Nunukan barat ini untuk mengetahui insfratruktur apa yang mereka butuhkan, aspirasi ini nantinya kita masukkan dalam pokok pokok pikiran anggota dewan,” kata Hj Leppa.

Antusiasme masyarakat cukup tinggi, mereka hendak menyampaikan aspirasi ke ketua DPRD Nunukan bahwa masih banyak sarana dan prasarana di Yamaker yang harus terpenuhi untuk kepentingan masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, aspirasi warga pun tersampaikan dalam kesempatan itu, seperti Penataan Pasar, pasar ikan di pinggir laut  dan pasar sayur, penjual pakaian ditata tepat dipintu gerbang masuk pasar tradisional ini.

Menurut ketua DPRD Nunukan Penataan Pasar merupakan hal terpenting bagi para pedagang, untuk memperindah lokasi atau mengelompokkan penjualan barang.

Penataan Pasar tersebut mengacu pada berbagai upaya untuk meningkatkan fungsi dan kualitas pasar, baik dari segi fisik, operasional, maupun sosial-ekonomi.

Tujuannya adalah untuk menjadikan pasar sebagai tempat yang nyaman, aman, dan efisien bagi pedagang dan pembeli, serta berkelanjutan dalam jangka panjang.

Penataan Pasar ini bukan hanya pengelolaannya saja namun kata Hj Leppa perbaikan infrastruktur pasar, seperti jalan, lorong, atap, drainase, dan tempat pembuangan sampah, juga perlu perhatian serius, agar tercipta lingkungan pasar yang bersih, rapi, dan terawat.

“ Masukan ini akan kita upakan, lingkungan yang tertata dan bersih membuat pasar akan nyaman dikunjungi pembeli, tentu meberikan nilai ekonomi yang tinggi,” ungkap Hj Leppa.

Selain Penataan Pasar, dalam reses itu masyarakat juga meminta agar ada penambahan pemanfaatan sumur Bor di RT 03. Yamaker, untuk mengatasi krisis air bersih yang selama ini terjadi Nunukan.

Untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman bagi warga sekirar, masyarakat juga berharap agar dibangunkan bak sampah. Karena di hanya satu bak sampah disekitar pasar yang biasa digunakan warga.

Usulan penambahan Bak Sampah itu di RT 03 sekitar jembatan pasar yamaker, hal ini dimungkinkan untuk mengurangi penumpukan sampah di sekitar pasar.

Reses dipandu oleh staf sekretariat DPRD Nunukan, Herwin SH cukup memberikan kesempatan bagi warga Yamaker untuk berdiskusi sekaligus menyampaikan Aspirasi, saran dan masukan ke Anggota DPRD agar nantinya dapat terakomodir dalam pokok pokok pikiran anggota dewan.

Warga pun silih berganti menyampaikan aspirasi sekaligus bersilaturahmi dengan ketua DPRD Nunukan dalam kesempatan tersebut. ***

Teks/Foto : Taufik, S.KSi, M.IKom (Tim Publikasi SEKRETARIAT DPRD )

Editor : Taufik, S.KSi, M.IKom