SIMPATIK NEWS- Menyambut Hari Kesehatan Nasional ke-58 Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Kelaurga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Nunukan menggelar berbagai rangkaian acara. Salah satunya adalah Bhakti Sosial yang diadakan di dua lokasi bersamaan yaitu di Seimengkadu, Nunukan Selatan dan Jalan Tanjung, Nunukan Barat, Senin (07/11). Tujuan diadakan bhakti sosial ini adalah mendekatkan masyarakat pengikat rumput laut untuk akses pelayanan kesehatan gratis.

Pelayanan kesehatan yang diberikan pada kesempatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan dasar oleh dokter umum, deteksi penyakit tidak menular melalui pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan, berat badan, cek kadar gula dalam darah, kolesterol dalam darah dan juga cek asam urat. Selain itu dibagikan juga PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk Ibu hamil dan balita yang datang.

Dr. Evi selaku penanggungjawab bhakti sosial di Seimengkadu menginformasikan masyarakat paling banyak terdiagnosa hipertensi, diabetus mellitus dan sakit maag. Masyarakat dengan diagnose hipertensi dan diabetes melitus tidak kontrol rutin karena masalah transportasi dan juga waktu mereka yang lebih banyak digunakan untuk bekerja mengikat rumput laut. Dengan adanya bhakti sosial ini mereka merasa terbantu karena mendekatkan akses pelayanan kesehatan.

Menurut dr. Noviana, dokter umum RSUD Nunukan, selaku penanggungjawab baksos di Jalan Tanjung, paling banyak masyarakat terdiagnosa hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit gatal-gatal. Masyarakat yang terkena gatal-gatal akibat kontak langsung dengan rumput laut dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan saat bekerja sehingga bisa mengurangi rasa gatal.

Noviana juga menganjurkan bagi masyarakat yang terdeteksi hipertensi untuk mengurangi asupan garam maksimal  satu hari satu sendok teh. Disamping itu juga diberikan obat oral untuk hipertensi. Bagi masyarakat yang memiliki kolesterol tinggi dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan berminyak, mengkonsumsi makanan yang direbus atau di kukus dan juga diberikan obat oral.

Masyarakat cukup antusias mengikuti kegiatan baksos ini. Untuk wilayah Seimengkadu terdata 70 peserta yang datang untuk pemeriksaan, sedangkan di jalan Tanjung terdata 103 peserta aktif melakukan pemeriksaan.

Acara Hari Kesehatan Nasional untuk seminggu kedepan berpusat di Paras Perbatasan Selasa, 8 November - Sabtu, 12 November. Dinkes P2KB menggandeng UPT RSUD Nunukan, seluruh Puskesmas di Kabupaten Nunukan, semua Rumah Sakit Pratama di Kabupaten Nunukan, pihak swasta dan OPD lain untuk berpartisipasi menyukseskan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini. Pihak swasta juga turut berpartisipasi mendukung dengan memberikan bantuan dana.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS