Nunukan, SIMP4TIK – Minggu (04/08/2024) tim gabungan atau tim Kibar Bendera Merah Putih melakukan pembagian bendera ke masyarakat di Kecamatan Nunukan Selatan dan Nunukan Barat.

Kegiatan pembagian bendera ini diinisiasi oleh Kesbangpol Nunukan sebagai bagian untuk menggugah semangat nasionalisme masyarakat perbatasan menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Dan Bendera Merah Putih yang dibagikan berjumlah 300 lembar, yang sebelumnya  dikumpulkan oleh Kesbangpol dari sumbangan setiap OPD yang ada di Kabupaten Nunukan.

Dipimpin Kepala Bakesbangpol Nunukan, Hasan Basri Mursali, tim gabungan terdiri dari Satgas Pamtas RI - Malaysia Yon Arhanud 08/MBC, Bhabinkamtibmas Nunukan Barat, Bhabinkamtibmas Mansapa, Oi Perbatasan, PC GP Ansor Nunukan dan komunitas Yamaha.

“Tim dibagi menjadi 3. Kesbangpol Nunukan, di Perbatasan dan GP Ansor memberikan Bendera kepada warga di Kampung Mangrove dan Sei Fatimah, Satgas Pamtas Yon Arhanud  08/MBC memberikan Bendera kepada warga di Tanjung Cantik dan pesisir Binusan,  sementara Komunitas Motor Yamaha memberikan Bendera kepada warga Mantaritip, Kecamatan. Nunukan Selatan," ujar Hasan Basri.

Pelaksanaan kali ini menurut Hasan Basri  merupakan target 1.000 bendera yang harus dibagikan ke masyarakat.

“Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke 79 Republik Indonesia kami membagikan bendera  bersama TNI-Polri dan rekan - rekan ormas, targetnya kita bagikan kepada warga kurang mampu di wilayah pesisir khususnya di daerah perkampungan nelayan," terangnya.

“Untuk jumlah bendera, ada 1.000 bendera yang kita targetkan untuk dibagikan, yang tadinya kita sudah bagikan ke daerah perkebunan kelapa sawit di Binusan, kemudian perkampungan nelayan di Nunukan selatan," tambahnya.

Hasan Basri pun mengungkapkan, ini merupakan kewajiban Negara untuk membagikan bendera Merah Putih kepada rakyatnya jelang hari kemerdekaan RI.

“Karena ini kewajiban negara untuk menyiapkan bendera bagi warga kurang mampu, jadi kami dari teman –teman TNI-Polri dan Ormas menyiapkan diri, kemudian membagikan kepada warga-warga kita, dengan harapannya mereka mau memasang di HUT RI ke 79 ini, karena kemerdekaan ini kita rebut dengan susah payah, maka kita harapkan masyarakat sudah memasang bendera sebagai simbol nasionalisme kita sebagai simbol tanda cinta tanah air kita Indonesia," pungkasnya.

Sementara dari pelaksanaan pembagian bendera ini, tim banyak menemukan kurang kesadaran masyarakat untuk memasang dan mengibarkan bendera Merah Putih di depan rumah masing-masing,Mayoritas warga di Pesisir. Dari elisitasi yang dilaksanakan, terdapat berbagai alasan warga diantaranya belum mempunyai bendera, lupa dan sibuk dengan pekerjaan yakni membudidaya rumput laut .

Atas temuan itu tim tidak hanya melakukan pembagian bendera juga langsung mengedukasi masyarakat tentang wawasan kebangsaan oleh TNI dari Satgas Pamtas RI - Malaysia Yon Arhanud 08/MBC.

Sumber Foto : Tim Kibar Merah Putih (Rudi/Edy)




Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom