SIMP4TIK News - Batildis De Maria, pelajar kelas XII IPS II dari SMAK Frateran Santo Gabriel Nunukan berhasil terpilih sebagai juara 1 pada audisi paduan suara di tingkat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (13/7).

Sebelumnya ada 3 pelajar mewakili Kabupaten Nunukan, 2 pelajar lainnya adalah Anggi Patanduk, siswa kelas XI.2 di SMA Negeri 1 Nunukan dan Noberta Ester Siti, siswa kelas XII IPA di SMAK Frateran Santo Gabriel Nunukan, untuk mengikuti audisi paduan suara tingkat Provinsi Kaltara, yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara di Hotel Diamond Tarakan.

Pada audisi tersebut diikuti sebanyak 20 peserta, yang mewakili Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltara.

Adapun tim penilai paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) yaitu Sukanly S, Maima dan Daniel Rin, menilai dengan kriteria diantaranya materi suara, intonasi, ritmik, ekspresi, penampilan, kemampuan membaca notasi, wilayah suara dan jenis suara.

Mewakli tim penilai Sukanly S, menyampaikan hasil keputusan tim penilai, yaitu telah memutuskan 4 orang sebagai pemenangnya, masing-masing pada jenis suara Sopran, Alto, Tenor dan Bass.

"Untuk jenis suara alto, diraih oleh Batildis De Maria, pelajar asal Nunukan dengan jumlah nilai 1374," ucap Sukanly S, Kamis (13/7).

Sedangkan untuk jenis suara Sopran diraih oleh Alya, pelajar dari Kabupaten Bulungan dengan jumlah nilai 1347, untuk jenis suara Tenor, diraih William Christian, pelajar dari Kabupaten Tana Tidung dengan jumlah nilai 1441 dan untuk suara Bass, diraih Royur Viber Siwu, pelajar dari Kota Tarakan.

Sukanly S, menyebut ke 4 pemenang tersebut akan mewakili Provinsi Kaltara, bergabung dengan pemenang audisi dari Provinsi lain se Indonesia di Jakarta dan mereka akan mengikuti karantina selama dua minggu, selanjutnya akan diberikan pembekalan dan pembentukan karakter seperti disiplin, etika serta materi vokal untuk menunjang penampilan mereka nantinya.

"Saya berpesan agar adik-adik, selalu menjaga kesehatannya, jaga suara, lebih banyak belajar, dan jangan lupa selalu berdoa," ujarnya.

Audisi Gita Bahana Nusantara merupakan kegiatan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan RI, di seluruh Indonesia.

Dan pemenang yang terpilih akan tampil sebagai anggota paduan suara dan orkestra yang akan memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 di Istana Negara, yang terdiri dari 136 vokalis dan 70 pemusik terbaik hasil audisi dari 34 Provinsi di Indonesia.

Tahun ini, merupakan tahun terakhir digelar di Istana Negara Jakarta, dimana Hari Kemerdekaan RI ke -79, 17 Agustus 2024 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Batildis De Maria, mengaku bangga dan senang karena berhasil dan dapat maju ketahap selanjutnya.

"Tidak menyangka saya mendapatkan suara terbaik Alto, saya terpilih menjadi juara, tentu ini adalah tanggung jawab buat saya dan kepercayaan yang lebih besar lagi kepada saya, karena harus membawa nama baik Provinsi Kaltara dalam Gita Bahana Nusantara Nanti di Jakarta," ungkapnya. 

Batildis De Maria, mengungkapkan persiapannya untuk ke nasional dengan terus melakukan latihan vokal dan tetap menjaga suaranya serta kesehatannya, sehingga dapat tampil maksimal di tingkat Nasional. 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom