Nunukan, SIMP4TIK - Sekolah Dasar Negeri 001 Nunukan melaksanakan kegiatan keagamaan yakni pesantren kilat pada bulan suci ramadhan 1445 H / 2024 M dengan mengusung tema “Mari Kita Raih Maghfirah Allah SWT” berlangsung di Masjid Mujahidin, Rabu (20/3/2024).

Pesantren kilat yang dikemas dalam program pesantren ramadhan ini dilaksanakan secara singkat dan rutin setiap bulan suci ramadhan. Pesantren ramadhan ini akan berlangsung selama dua hari yang dimulai 20 Maret sampai dengan 21 Maret 2024.

Tujuan dari kegiatan pesantren kilat atau pesantren ramadhan ini siswa - siswi diharapkan untuk bisa memperdalam ajaran agama islam serta bisa menerima dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa materi yang diterima oleh siswa - siswi SDN 001 seperti niat puasa, membaca Al Quran secara berkelompok, serta memperbanyak amal saleh seperti kewajiban untuk melaksanakan sholat. 

Koordinator pelaksana pesantren ramadhan mengatakan kegiatan pesantren ramadhan ini diikuti peserta didik mulai kelas III sampai dengan kelas VI dengan jumlah sekitar 500 siswa - siswi. 

“Pesantren kilat ini rutin kami laksanakan setiap bulan ramadhan dan baru pertama kali kita laksanakan di masjid. Karena berhubung ruang sekolah tidak memadai akhirnya dilaksanakan di masjid saja,” ujar Hasanuddin.

Hasanuddin pun berharap agar anak - anak kedepannya bisa mengaplikasikan dalam kehidupannya masing - masing. Karena ramadhan ini berguna untuk mereka, kita buat semua umat islam.

Untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan memang sudah mengarahkan kepada setiap sekolah untuk melaksanakan pesantren kilat di bulan ramadhan.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom