SIMP4TIK News  - Sebagai bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Nunukan kepada masyarakat di Sebatik, yang selama ini terkendala waktu untuk membuat kartu tanda penduduk (KTP), Kartu Kelurga (KK), Akta kelahiran dan surat lainya, Disdukcapil membuka layanan jemput bola.

Diantaranya layanan administari kependudukan serta nikah secara gratis, selama kurang lebih 5 hari kerja, 23 - 27 Oktober 2023 ini juga mendapatkan dukungan dari Kecamatan dan Pemerintah Desa dalam hal tempat pelayanan, sehingga memudahkan melakukan pelayanan, kepada masyarakat di kantor Desa Sei Nyamuk kecamatan Sebatik Timur.

Kepala bidang pencatatan sipil, Samsuddin menyebut pelakasanaan layanan jemput bola Disdukcapil ini berkolaborasi bersama dengan Disdukcapil Provinsi Kaltara.

"Kita bersama-sama dengan provinsi, alat dan fasilitas mereka lebih siap, sehingga dalam pelayanan jemput bola ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar," ujarnya.

Terpisah, Surya salah satu Warga di Sebatik yang mengurus dokumen kependudukannya, mengatakan warga yang mengikuti layanan gratis ini merasa terbantu, karena selama ini untuk mengurus atau membuat KTP hingga akta lahir dan nikah harus ke Nunukan dan terkadang harus menginap di Nunukan.

"Selain juga karena terbentur waktu dan pekerjaan ongkos perjalanan ke Nunukan cukup tinggi," tuturnya.

Melalui layanan jemput bola, warga dimudahkan mendapatkan KTP dan lain lain yang dibutuhkan dari disdukcapil selama ini, juga membantu pemerintah memperbaiki data kependudukan Kabupaten Nunukan dan indonesia umumnya.

"Terlebih menjelang pemilu 2024, hak warga untuk ikut memilih akan terlaksana," pungkasnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom