SIMP4TIK News - Ratusan peserta Lomba Pawai Budaya dan Puluhan Kendaraan Hias siap memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan ke-24 tahun 2023, yang akan di gelar, pada hari Sabtu, (14/10/2023), besok.

Pawai Seni, Budaya, Sosial dan Ekonomi dalam rangka HUT Kabupaten Nunukan Ke-24 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Nunukan pada Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudparpora) dengan Tema “Keberagaman Budaya di perbatasan," akan dimulai pukul 06.30 WITE.

Kepala Bidang Ekonomi dan Kreatif (Kabid Ekraf) Disbudparpora Kabupaten Nunukan, Rukman mengatakan peserta lomba pawai budaya diikuti oleh SD, SMP, SMA dan Kategori Umum dari Instansi, Etnis dan Organisasi.

"Jumlah yang mendaftar pada tingkat kategori SD sebanyak 26 regu, SMP 15 regu, regu SMA ada 14, dari kategori umum sebanyak 63 regu, total 118 regu, sedangkan kendaraan hias sebanyak 28," beber Rukman.

Rukman menjelaskan, Start dari GOR Dwikora Jl. Sei Sembilan –Jl. Angkasa –Jl. Pattimura dan Finish : Jl. Ahmad Yani Alun-alun Nunukan.

"Untuk jumlah anggota regu masing–masing Maksimal 350 orang dengan 1 orang sebagi koordinator," terangnya.

Adapun Tata tertib lomba pawai diantarannya posisi berjalan pada jalan raya melalui jalur yang telah ditentukan dan formasi regu (tidak berpencar/berantakan).

Lanjut Rukman, untuk nilai tata barisan dilihat dari ketertiban barisan Tim / Regu, Kerapian selama Penimpalan dan Keutuhan Tim/Regu.

Selin itu, nilai keseragaman dilihat dari Kesesuaian Penampilan dengan tema, Kekompakan antar regu, dan Keseragaman Kostum.

Sedangkan, nilai Keindahan dinilai d dari Keindahan bentuk hiasan (Asesoris) dan penampilan/Dekorasi, dan Kreatifitas penampilan variasi/ atraksi pada saat finish serta menarik, menghibur dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Peserta atau regu yang dinyatakan sebagai pemenang adalah yang mendapatkan nilai tertinggi setelah dikurangi pelanggaran/hukuman, dan apabila terdapat nilai yang sama, maka akan ditinjau kembali dari urutan 3 Kategori Penilaian diatas," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS