SIMP4TIK News - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadis Kominfotik) Kabupaten Nunukan Kaharuddin, SS menyebut sebanyak 29 Tower Base Transceiver Station (BTS) sudah berdiri di wilayah Kabupaten Nunukan.

Program pemasangan Tower Base BTS di wilayah Kabupaten Nunukan tersebut, masih tetap berjalan sesuai seperti yang direncanakan, walaupun saat ini tengah terjadi masalah di lingkungan Kementerian Komunikasi RI, namun menurut Kaharuddin program pemasangan Tower Base BTS itu tetap akan berjalan sesuai seperti yang direncanakan.

"Dari Kementerian Komunikasi RI sudah menyetujui rancangan 88 Tower BTS yang akan dipasang di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan. Alhamdulillah 29 Tower sudah berdiri dan difungsikan, kini manfaatnya sudah dinikmati oleh  masyarakat kita,” ucap Kaharuddin, Jumat (26/5).

Kadis Kominfo memastikan bahwa 59 tower yang tersisa tersebut pengerjaannya akan tetep berlanjut, hal tersebut menyusul komitmen dari Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD bahwa program yang sementara berjalan tetap akan berlanjut, seperti pemasangan Tower BTS di Indonesia dan termasuk juga ada di Kabupaten Nunukan, maka akan tetap berlanjut.

"Kita termasuk prioritas, karena berada di wilayah perbatasan, apalagi dengan kondisi geografis di Kabupaten Nunukan dan sebaran penduduknya pembangunan Tower BTS di daerah ini sangat banyak dibutuhkan,” ujar Kaharuddin.

Kaharuddin menyebut, pembangunan Tower BTS yang masih belum terealisasi meliputi Krayan, Lumbis, Seimanggaris, Sembakung dan Sebuku.

"Di daerah tersebut masih hanya menggunakan fasilitas VSAT untuk membuka akses telekomunikasi di Desa yang belum terdapat infrastruktur telekomunikasi dengan jangkauannya sangat kecil dan pemanfaatannya juga masih terbatas pada perkantoran desa maupun di Kantor Kecamatan. Belum menyentuh hingga ke pemukiman penduduk," terang Kaharuddin.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom