Nunukan, SIMP4TIK - Rencana pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) di Pulau Kalimantan membawa pengaruh yang positif bagi Kalimantan Utara khususnya Kabupaten Nunukan.

Hal tersebut ditandai dengan kedatangan Sabah Economy Development dan Investments Authority (SEDIA) di Kabupaten Nunukan.

Ketua SEDIA Iwan Hermawan Masrul menyatakan dengan pindahnya IKN di Pulau Kalimantan ada beberapa Sempadan antara Sabah dan Kabupaten Nunukan akan dibuka. Meskipun menurutnya waktu realisasinya belum diketahui kapan. 

Namun pihak SEDIA melihat adanya potensi besar di antara negara yang dapat menguntungkan di kedua negara nantinya.

"Dengan adanya IKN di Pulau Kalimantan, ada beberapa sempadan yang akan dibuka meskipun kita belum tau waktunya kapan, tapi kami melihat ada potensi besar yang dapat menguntungkan kedua negara," Jelas Iwan ketua SEDIA Sabah Malaysia, Rabu (31/1/2024).

Oleh karena itu pihak SEDIA melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Nunukan dengan melakukan study atau kajian ekonomi di perbatasan.

Iwan mengatakan setelah melihat beberapa titik  wilayah dan potensi ekonomi yang ada di Kabupaten Nunukan, pihaknya sangat tertarik dengan potensi rumput laut.

Menurut Iwan rumput laut dapat dijadikan bahan kerjasama antar sabah dan Kabupaten Nunukan. "Setelah melihat dan mendengarkan penjelasan dari pemerintah Kabupaten Nunukan, rumput laut dapat memberikan peluang usaha dan keuntungan bagi kedua negara." ucapnya.

Sementara itu kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan Raden Iwan Kurniawan mengatakan bahwa sesuai tematik pemerintah Kabupaten Nunukan mengajak SEDIA untuk bekerja sama terkait hilirisasi rumput laut.

"Sesuai tematik kita menawarkan pihak sedia untuk bekerjasama sama dibidang hilirisasi rumput laut. Jika selama ini kita menjual bahan mentah mungkin dengan adanya kerja sama kita bisa menjual rumput laut dengan kualitas bahan yang sudah siap untuk digunakan," ujarnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom