SIMP4TIK News - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Utara bersama DPMD Kabupaten Nunukan menggelar pembinaan manajemen pemerintahan desa dalam rangka Pembekalan Kepala Desa se - Kabupaten Nunukan Tahun 2022 bertempat di Ruang Serbaguna Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (9/11).

Kegiatan ini di selenggarakan selama 2 hari tanggal 09 dan 10 November, 232 Kepala Desa yang ikut serta.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini Badan Permusyawaratan Desa, Kepala Desa bisa menyusun berbagai program pembangunan sesuai dengan skala prioritas yang ada di wilayahnya masing-masing.Selain untuk memastikan jalanya pemerintahan desa, pelatihan ini bisa membuka wawasan dan pengetahuan para kepala desa tantang cara menjalankan pemerintahan secara efektif dan produktif. ''Dengan adanya pelatihan ini para kepala desa belajar dari desa-desa yang sukses memanfaatkan anggaran serta tidak tersangkut persoalan hukum di kemudian hari,''ujar Hanafiah.

"kepada seluruh kepala desa yang ikut pelatihan ini untuk bisa menyimak dengan baik, sehingga sepulangnya dari pelatihan ini memperoleh tambahan bekal dalam menjalankan pemerintahannya," harap Hanafiah.

Kami akan memberikan motivasi agar lebih bersemangat lagi membangun wilayah Kabupaten Nunukan dan memiliki kemampuan teknologi di banding tahun-tahun sebelumnya.

"Pelaksanaan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) penyebaran Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tidak luput dari persoalan diantaranya kemampuan sumber daya manusia, Kegiatan pada hari ini untuk meningkatkan kurangnya pemahaman akan pentingnya dokumen RPJMD desa,kurangnya fasilitas pemerintah daerah setempat dan anggaran sehingga kegiatan seperti ini tidak banyak di lakukan," tegas Zainal.

"Saya tekankan Kepala Desa manajemen desa itu supaya tertib, bagus dan jangan menabrak aturan terutama pengelolaan keuangan, jangan sampai hanya masalah uang kecil kemudian terjerat masalah hukum, diberikan pembekalan- pembekalan kepada kepala desa,camat agar mereka mengerti proses pengelolaanya, penyaluran sesuai yang sudah di tentukan pemerintah agar bisa di kelola dengan baik," harap Zainal.(*)

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom