Sebatik Timur, SIMP4TIK - Dengan mengangkat bendera star, didampingi oleh para Camat dan unsur Forkopimcam Pulau Sebatik, Sekretaris Daerah Serfianus melepas peserta Lomba Pawai Budaya yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Nunukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke - 25 di Kecamatan Sebatik Timur, Minggu (7/7/2024).

Sebanyak 31 peserta dengan berbagai kostum daerah meriah lomba pawai budaya tersebut. Mulai dari para pelajar tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas sederajat. Selain pelajar, pawai juga diikuti oleh sejumlah komunitas paguyuban seni budaya dan ormas. 

Serfianus mengatakan dengan mengusung tema "Merawat Kebersamaan Melanjutkan Pembangunan" Pawai Budaya yang dilaksanakan hari ini kiranya dapat mencerminkan indahnya persatuan dan kesatuan, indahnya yang berbeda-beda tetapi satu jua, indahnya Bhineka Tunggal Ika.

"Pawai budaya ini juga merupakan representasi dari kearifan lokal, dimana budaya lokal yakni budaya masyarakat Kabupaten Nunukan yang terdiri dari banyak suku dan adat istiadat adalah anugerah sehingga patut disyukuri serta terus dihargai dan dilestarikan," kata Serfianus.

Menurut Serfianus, dengan potensi budaya yang beraneka ragam itulah peluang negara kita Indonesia khususnya Kabupaten Nunukan untuk mengembangkan budaya sekaligus wisata yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, seperti yang ada di wilayah sebatik.

"Keberagaman adat dan budaya yang ada di Kabupaten Nunukan merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah untuk dapat melestarikannya. Karena itu pula, masa boleh berlalu berlalu, era boleh berganti namun eksistensi dan keberagaman budaya yang kita miliki sampai kapanpun karena apapun dan oleh siapa pun, harus tetap terbingkai dan membingkai indah kebersamaan yang telah berhasil kita bina dengan baik selama ini," ujarnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom