SIMP4TIK News - Melalui Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menyaring bakat - bakat anak muda diseluruh Nusantara mengadakan audisi paduan suara Gita Bahana  Nusantara (GBN) dengan tujuan mendukung Peringatan HUT RI di Istana Merdeka Jakarta bulan Agustus tahun 2023.

Untuk mendapatkan bakat anak muda yang berkualitas GBN melalui kegiatan ini menjaring mulai dari Kabupaten/Kota kemudian lanjut melakukan audisi tingkat Provinsi. 

Menurut Welly sebagai koordinator audisi GBN tingkat provinsi bahwa audisi ini dilakukan setiap tahun dan berterima kasih atas antusias anak muda yang berasal dari beberapa sekolah dan gereja dan berharap kedepan lebih banyak lagi. 
Peserta audisi sebanyak  22 orang dengan rentan usia 16 - 23 tahun dan berharap kedepannya guru dan dosen (SMA/SMK/Sederajat dan mahasiswa) melihat kemampuan mereka dan memberi dukungan bagi mereka yang berbakat dalam tarik suara. 

Naema salah seorang dari juri mengatakan  kegiatan ini sangat baik, perlu dikembangkan  bukan karena ada program dari pusat saja  tetapi  harus dapat ditanamkan kepada murid  agar bisa bernyanyi sesuai teknik dan not balok/angka sehingga  tidak dilupakan. 

Dewan juri cukup ketat menyeleksi peserta  audisi  GBN ini namun akhir dari penilaian juri terjaringlah beberapa anak muda yg dapat diperhitungkan kemampuannya yakni Noberta Ester Siti dari sopran dengan nilai 1.360, Batildis De Maria dari Alto dengan nilai 1.530, Anggi Patanduk dari Tenor dengan nilai 1.570 dan Beato Guido Palentek dari Bass dengan nilai 1.450. Peserta yang lolos audisi tingkat Kabupaten/kota ini akan mengikuti  audisi tingkat Provinsi yang akan datang. 

Akhir dari perlombaan ini  para peserta dilatih sejenak bagaimana menyanyi dalam paduan suara dan mendokumentasikannya (*).

Teks/Foto : Kinda Lenjau, S. Th (Tim Publikasi DINAS KEBUDAYAAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA SERTA PARIWISATA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom