SIMP4TIK News - Penyambutan rombongan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE MM PhD yang membawa Piala Adipura disambut dengan tarian adat tepung tawar berlangsung meriah di Pelabuhan Lintas Batas Liem Hie Djung Kabupaten Nunukan, Rabu (1/3).

Bupati Laura membawa piala Adipura dari Jakarta, dalam Penghargaan Adipura tahun 2022 untuk kategori kota kecil. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Siti Nurbaya Bakar, bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Kabupaten Nunukan sendiri masuk dalam 80 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk dalam kategori kota kecil dan menjadi satu-satunya kabupaten di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) yang berhasil memperoleh piala tersebut.

Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan menggelar konvoi kendaraan untuk memamerkan Piala Adipura kepada seluruh masyarakat Nunukan sebagai rasa syukur dan apresiasi kepada masyarakat dan petugas kebersihan sehingga Kabupaten Nunukan dinobatkan sebagai salah satu kota bersih di Indonesia.

Saat ditemui oleh awak media Laura mengungkapkan rasa bangga dan bersyukur  yang sangat luar biasa. Ini adalah pertama kalinya Kabupaten Nunukan mendapatkan Piala Adipura yang merupakan bentuk  kerjasama baik dari Dinas terkait dan seluruh masyarakat Nunukan.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nunukan, mudah - mudahan kita bisa mempertahankan piala ini sampai Kabupaten Nunukan mendapatkan Adipura Kencana selanjutnya," ucapnya.

Laura menambahkan untuk mendapatkan Adipura itu tidak gampang, penilaiannya sangat selektif. Harus memenuhi banyak indikator, maka dari  itu perlu koordinasi kepada dinas terkait agar kebersihan lingkungan terus ditingkatkan lagi.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS