SIMP4TIK News - Senam Yameto dan Lukiwol meriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT)  Kabupaten Nunukan ke -24 Tahun yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disporapar) di Paras Perbatasan, Selasa (10/10).

Tampak hadir menyaksikan langsung kegiatan lomba, Sekretaris Daerah bersama para Asisten Pemerintahan Kabupaten Nunukan dan masyarakat Nunukan.

Menurut Kabid Olahraga Disporapar Marlina, Senam Yameto dan Lukiwol merupakan gabungan gerak tari kreasi dan senam dengan musik dan lagu yang menggunakan bahasa salah satu suku Dayak yang ada di Kabupaten Nunukan. Gerakan yang ditampilkan harus sesuai dengan lagu tersebut.

Marlina mengatakan bahwa kegiatan lomba senam ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Disporapar dalam mendukung suksesnya acara HUT Kabupaten Nunukan.

"Lomba senam ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Disporapar dalam mendukung suksesnya acara HUT Kabupaten Nunukan Ke 24 Tahun 2023 ini. Dengan tujuan melestarikan senam kreasi yang diciptakan untuk memperkenalkan budaya yang ada di Kabupaten Nunukan khususnya budaya Suku Dayak dan Tidung," ungkapnya.

Lomba senam Yameto dan Lukiwol diikuti dari katagori pelajar dan Umum. Dihari pertama ini dimulai dari tingkat Sekolah Dasar sebanyak 19 peserta Lomba senam yameto dan senam Lukiwol sebanyak 17 peserta dan akan menyusul tingkat SMP, tingkat SMA Sederajat dan kategori Umum pada hari berikutnya.

Lomba ini dinilai langsung oleh Lima Juri yang ditentukan sesuai dengan kemampuan di bidangnya masing-masing yaitu mulai dari gerakan, keharmonisan, ketetapan musik dan kesesuaian aksesoris. Dan akan melalui proses yang sangat ketat karena banyak peserta.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom