Nunukan, SIMP4TIK – Sejak 2018 Kabupaten Nunukan tidak pernah lagi meloloskan pelajarnya menjadi wakil Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional, kini di tahun 2024 kembali pertama kalinya dua Pelajar asal Nunukan lolos seleksi.

Keduanya berasal dari SMA Negeri 1 Nunukan, yaitu Kevin Febrian Wijaya dan Muhammad Dhava Bima Adithya akan kembali mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Nasional pada tanggal 9 Juni hingga 13 Juni 2024 mendatang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nunukan Hasan Basri Mursali, mengatakan, lolosnya dua orang pelajar ke tingkat nasional merupakan yang pertama kalinya sejak 6 tahun yang lalu.

“Kita lolos di tingkat Nasional itu dulu ketika bergabung dengan Kaltim, sekitar tahun 2018 pelajar dari Sebatik, sekarang ini baru lagi, saya kira ini suatu prestasi setelah sekian lama pelajar dari Nunukan lolos ke Nasional,” ucapnya, Jumat (7/7/2024).

Hasan Basri menyebut, peluang untuk lolos sudah 90 persen, mengingat biasanya yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional setiap provinsi akan diwakili masing-masing oleh sepasang putra dan putri.

"Karena biasanya setiap provinsi ada perwakilannya satu putra satu putri, maka peluang untuk putra ada, karena keduanya dari Nunukan, salah satunya akan lolos,” ujarnya.

Menurut Hasan, untuk Kabupaten Nunukan jika lolos diseleksi Nasional maka ini merupakan prestasi ke 3 setelah sebelumnya tahun 2018 Kabupaten lolos ke tingkat Nasional.

Sebelumnya Kabupaten Nunukan telah melakukan seleksi Paskibraka tingkat kabupaten yang diikuti oleh ratusan putra dan putri pelajar SMA dari 21 Kecamatan di Kabupaten Nunukan.

“Sejak bulan Mei kita melakukan seleksi paskibra untuk tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional yang di adakan oleh provinsi dari ratusan pelajar tingkat SMA per Kecamatan dan saat ini sudah terpilih 43 orang untuk peserta paskibra tingkat kabupaten,” terangnya.

“Sedangkan untuk tingkat provinsi kita mengirim 11 orang dan yang lolos ketingkat Nasional dua orang, selebihnya mengikuti seleksi di Provinsi dan lolos dua orang yaitu Wardah Ruslina Zahra dan Wilson Siswa dari SMA N 1 Nunukan, dan tujuh lainnya dikembalikan lagi ke kabupaten karena tidak lolos ditingkat provinsi,” ungkapnya.

Hasan menuturkan, untuk Paskibraka Kabupaten Nunukan akan mulai pelatihan di akhir Juni untuk persiapan upacara 17 Agustus 2024. 

“Setelah sebelumnya telah lolos mengikuti serangkaian tes diantaranya wawasan kebangsaan, tes kemampuan etika dan lain sebagainya, ada beragam tes yang diikuti oleh peserta,” imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom