Nunukan, SIMP4TIK - Pemilihan Kepala Daerah yang serentak dilaksanakan di Indonesia pada November mendatang, termasuk di Kabupaten Nunukan, Kesbangpol Kabupaten Nunukan turut melakukan persiapan.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Nunukan, Hasan Basri, mengatakan telah melakukan beberapa persiapan, diantaranya koordinasi dengan lembaga yang berkaitan dengan pilkada.

"Kita baru saja ada komisioner KPU yang baru, kami sudah melakukan silaturahmi, dan sebaliknya mereka juga telah menemui kami, termasuk menyampaikan tahapan-tahapan pilkada," terang Hasan.

Hasan Basri menuturkan, untuk menyukseskan Pilkada 2024, berikutnya akan diadakan sosialisasi pilkada, sosialisasi tahapan dan sosialisasi pendidikan pemilih.

"Kedepan kita akan mulai masifkan kembali, sosialisasi tentang pemilihan, kepada masyarakat di Kabupaten Nunukan," ujarnya.

Apalagi, menurut Hasan tingkat partisipasi warga Kabupaten Nunukan, naik dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 60 persen lebih, sekarang dari pemilu 14 Februari 2024 lalu, partisipasi pemula bisa 70 persen lebih.

"Untuk mencapai 100 persen rasanya itu tidak mungkin, karena ada beberapa data pemilih yang rutin dilakukan, datanya ada ditempat kita namun faktanya orangnya berada di luar Negeri," ungkapnya.

Hasan menilai, peningkatan pemilih dari kegitan sosalisasi yang masif kita lakukan baik dari KPU, Bawaslu, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), forum pembauran.

"Mereka semua melakukan sosialisasi bahwa prmilihan itu penting untuk negara kita, jadi dengan sosialisasi itu mereka menarik untuk memilih," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS