Nunukan, SIMP4TIK - Pelayanan merupakan sebagai pemberian (melayani) keperluan perorangan atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang ditentukan. Pelayanan yang baik pada akhirnya akan mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja berdasarkan pelayanan yang diterima. 

Kantor Kecamatan Nunukan sendiri untuk proses pengolahan data layanan penduduk yang digunakan saat ini masih dilakukan secara manual, dengan menggunakan aplikasi word dan excel, prosesnya masih berupa penginputan data berupa word, pembuatan laporan menggunakan excel dan penyimpanan data yang masih berbentuk arsip-arsip / berkas.

Ada beberapa jenis pelayanan di Kantor Kecamatan Nunukan, yakni pelayanan rekomendasi, non perijinan, dispensasi. Jenis pelayanan tersebut rata- rata masih bersifat manual. Berbeda dengan pelayanan kepegawaian sudah menyesuaikan dengan aplikasi yang ada.

“Pelayanan kepada masyarakat rata-rata masih dilakukan secara manual, belum ada yang digital. Kalau pelayanan kepegawaian itu sudah menyesuaikan dengan aplikasi yang dibangun oleh Diskominfo,” ujar Bau Syahril saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/2/2024).

Camat Nunukan ini juga menyampaikan bahwa pelayanan yang sering bahkan hampir setiap hari yaitu pelayanan untuk masyarakat yang pindah datang, pembuatan rekomendasi ijin usaha, pembuatan surat kapal dan perahu.

“Kami sering dan hampir setiap jam kerja itu kami melayani rekomendasi pembuatan surat kapal dan perahu. Tapi pengurusannya tidak sampai di kecamatan saja, berakhir di KSOP nantinya,” tambahnya. 

Sementara untuk pindah datang, kata Bau Syahril, seperti masyarakat luar yang datang dan belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Masyarakat yang belum punya KTP sama sekali yang dari luar, seperti pindahan dari malaysia tapi sebenarnya orang indonesia hanya saja dia bekerj diluar negeri,” imbuhnya.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom