Nunukan, SIMP4TIK - Tekun kelola Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R), pekerja persampahan Nunukan, Siti Azizah diusulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan, sebagai perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Lingkungan Hidup, untuk mendaptkan penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi di moment Hari Kartini 2024 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan DLH Kabupaten Nunukan, Irfan, mengatakan dengan mengacu pada surat pengahargaan kepada Perempuan yang berjasa dan berprestasi dari Provinsi Kaltara, dengan syarat-syarat yang harus di penuhi, diantaranya adalah persyaratan khusus dibidang lingkungan hidup atau pemerhati lingkungan hidup.

Adapun kriterianya diharapkan yang punya prestasi terhadap persampahan, salahsatunya adalah sebagai pegiat Bank Sampah atau TPS3R, seperti komposter.

“Maka dari itu kami mendapatkan satu figure yaitu Siti Azizah yang mana tekun kelola TPS3R, juga sering membantu kami dalam hal penyuluhan terkait persampahan. Mengenai komposter, dia sudah mempunyai pengalaman dalam hal tersebut, bahkan dilapangan sering juga membantu kami melakukan edukasi terhadap anak sekolah,” terang Irfan, Jumat (31/05/2024).

Menurut Irfan, sesuai dengan formulir yang diberikan oleh Sekretaris Daerah Provensi Kaltara, DLH menyampaikan data yang dibutuhkan berikut dengan tugas dan prestasinya.

“Kami coba memenuhi formulir yang diberikan Setda Provinsi, kami siapkan dari data yang dibutuhkan mulai dari identitas, tugasnya apa, prestasinya dan lain sebaginya, kami isi dalam bentuk form dan video,” ungkapnya.

 

Hasilnya sesuai harapan, Siti Azizah terpilih untuk mendapatkan penghargaan kepada Perempuan yang berjasa dalam lingkungan. "Syukur kami sudah memenuhi, sehingga Siti Azizah akan dipanggil ke Provinsi untuk menerima penghargaan tersebut, pada Senin (03/06/2024), depan,” imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS