SIMP4TIK News - Subsidi Ongkos Angkut Barang Udara dan Sungai tahun 2023, untuk 8 Kecamatan di Kabupaten Nunukan akan segera di Launching.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan, Dior Frames melalui Pejabat Pengawas Perdagangan Ahli Muda pada DKUKMPP, Abdul Rahman mengatakan, bulan Juni SOA Barang Udara dan Sungai akan mulai di laksanakan.

"Kami di bulan Mei ini masih tahap lelang, semoga Juni SOA sudah bisa di jalankan," ucap Abdul Rahman, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (24/5).

Menurut Abdul Rahman anggaran SOA barang udara dan sungai untuk 8 Kecamatan di wilayah III di Kabupaten Nunukan masih sama seperti tahun lalu, dikisaran Rp.1,1 Milyar.

Adapun Kecamatan dimaksud diantaranya Kecamatan Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan, Lumbis Hulu, Krayan, Krayan Selatan, Karyan Tengah, Krayan Barat dan Krayan Timur.

Untuk jumlah flight dan tonasa Sungai berbeda sesuai dengan biaya ongkos angkut tiap Kecamatan.

"Tonasa barang untuk 3 Kecamatan yang menggunakan jalur Sungai, seperti Lumbis Hulu dan Lumbis Pansiangan Tonasa tiap Kecamatan itu beda karena biaya ongkos angkutnya. Seperti Lumbis Ogong lebih murah biaya ongkos angkutnya dibandingkan Lumbis Hulu karena paling ujung," terang Rahman.

Sedangkan, kata Rahman ongkos angkut barang udara, masih di posisi Rp 50 ribu per kilo. Namun pihaknya masih menghitung kembali sesuai dengan masukan dari BPK, bagaimana cara menghitung standarisasi untuk kilogram barang khusus untuk Krayan, Krayan Selatan dan Krayan Tengah.

"Kita menyediakan bahan pokok sesuai dengan ketersediaan anggaran dan untuk sementara Krayan mendapatkan 8 flight, Krayan Selatan, Krayan Tengah dan Barat masing - masing 5 flight,  Krayan Timur 3 flight. itu masih planning, kita akan lihat perkembangannya nanti dari harga perkiraan sementara (HPS) mungkin nanti akan ada perubahan," tutur Rahman.

"Semoga kedepannya ada tambahan anggaran dari pemerintah dengan dukungan DPR sehingga kita mendapatkan alokasi anggaran tambahan dan SOA bisa dilaksanakan sampai akhir Desember," tambah Rahman.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom