Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan melaksanakan Sosialisasi terkait pengisian aplikasi Rekomendasi Statistik (Romantik) yang berlangsung di ruang rapat VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (25/04/2024).

Dalam sambutannnya, Kepala Diskominfo Kaharuddin mengatakan proses menuju satu data Kabupaten Nunukan ini cukup panjang, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga telah mengikuti beberapa proses dalam mengolah data.

Kabupaten Malinau merupakan salah satu contoh bahwa data yang dikelola sangat akurat. Hal tersebut dikarenakan juga sudah lama bekerjasama dengan BPS.

Melakukan survei juga memerlukan konsep yang jelas, maka dari itu melalui aplikasi rekomendasi statistik ini semoga data yang ada di setiap OPD dapat dikelola dengan baik hingga menuju satu data indonesia Kabupaten Nunukan.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Nunukan Iskandar menyampaikan bahwa semua data setiap OPD nanti akan dikelola oleh Bappeda.

“Saya mengimbau ketika ada survei, dan pengumpulan data pada OPD wajib lapor ke kami,” ujar Iskandar 

Manfaat dari aplikasi sendiri adalah untuk memudahkan dalam memberikan rekomendasi kegiatan statistik, memudahkan monitoring penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral, dan sebagai media dokumentasi kegiatan statistik sektoral.

Selain itu, manfaat aplikasi Romantik dapat memberikan informasi tata cara pengajuan rekomendasi kegiatan statistik dan mengetahui perkembangan pengajuan rekomendasi kegiatan statistik serta sebagai alat bantu untuk menghindari duplikasi kegiatan statistik.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom