SIMP4TIK News - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Nunukan menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) di lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (16/11) .

Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari tanggal 16 sampai dengan 18 November, kurang lebih 50 orang yang ikut serta diantaranya pejabat atau staf yang membidangi perencanaan pada OPD yang ada di lingkungan Kabupaten Nunukan.

Maksud dari sosialisasi dan pelatihan ini adalah untuk mengurangi kesenjangan dan mencapai kesetaraan gender dalam proses pembangunan melalui perencanaan penganggaran responsive gender.

Mewakili Bupati Nunukan Hj. Faridah Aryani SE MAP mengatakan masyarakat pada umumnya akan lebih mengerti mana yang responsive gender mana yang tidak contohnya di dalam keluarga tidak memilah pekerjaan dalam mencari nafkah, ibu rumah tangga mendirikan usaha-usaha sehingga membantu perekonomian.

"Peran gender dalam hal ini bagaimana sinergitas antara laki dan perempuan dalam hal pekerjaan rumah bukan hanya sesumur, sekasur dan sedapur tapi dalam artian antara suami dan istri bisa saling membantu pekerjaan rumah dan juga tidak semua pekerjaan rumah di rangkul oleh perempuan.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom