SIMp4TIK News - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nunukan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) bagi pelajar SMA Negeri 1 Nunukan Selatan yang bertempat di ruang rapat serbaguna SMA Negeri 1 Nunukan Selatan, Kamis (30/11).

Sosialisasi P4GN diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan dan Siswa SMA Negeri 1 Nunukan Selatan yang jumlahnya 25 siswa. sebagai Narasumber utama   Badan Narkotika Kabupaten Nunukan.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Nunukan dalam sambutannnya berharap agar tidak tergoda pada hal-hal yang tidak baik, salah satunya penyalahgunaan narkoba. Narkoba adalah bahaya laten yang harus diwaspadai. Dengan adanya sosialisasi P4GN dijadikan momentum sebagai pondasi antisipasi penyalahgunaan narkoba.

"Anak-anak didik kita ditingkat sekolah menengah atas adalah anak yang tergolong dalam usia rentan terhadap penyalahgunaan narkoba, karena di usia ini mereka sedang tumbuh kembang dan proses pencarian jati diri. Dan di usia ini juga mereka sangat labil dan mudah sekali dipengaruhi oleh pengaruh yang tidak baik yang datangnya dari masyarakat atau dari lingkungan sekitar sekolah. Untuk itu para pelajar ini perlu diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bahaya narkoba serta pencegahannya lebih dini," ujar Hasan Basri.

Menurut Arsenus Sele selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMA Negeri 1 Nunukan selatan menyampaian ucapan terima kasih kepada Kesbangpol Nunukan dengan adanya kegiatan sosialisasi P4GN di sekolah demi kepentingan dan juga pencegahan generasi muda dalam hal penggunaan narkoba khususnya di kalangan generasi muda dan pihak sekolah menyambut baik dan mengapresiasi dengan kegiatan sosialisasi P4GN dan bisa berlanjutan kedepannya untuk peserta didik dan berharap kepada aparat penegak hukum dan BNNK yang memiliki untuk lebih intensif lagi dalam Sosialisasi narkoba di tingkat pelajar ke sekolah - sekolah untuk meminimalisir peredaran Narkoba yang dikarenakan Narkoba sangat berbahaya bagi generasi muda tidak lari kepada penyalahgunaan narkoba. 

Hasil konfirmasi dari salah satu pelajar yang kami temui mengatakan kegiatan sosialisasi P4GN merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali untuk pencegahan peredaran narkoba, dikatakan juga bahwa berdasarkan pemaparan materi yang di sampaikan oleh BNNK Nunukan 1 persen tanggung jawab aparat dan BNN dan 99 persen nya adalah peranan dari kalangan muda, harapan yang di inginkan untuk kegiatan sosialisasi P4GN dapat ke berbagai kalangan sekolah dan berkesinambungan dan dapat merubah kondisi darurat narkoba menjadi bebas narkoba.

Zenal Arifin menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan P4GN sudah tercapai yaitu terciptanya lingkungan pelajar yang bersih dari Narkoba dan juga terjalin kerjasama yang terbangun yang baik antara BNN Nunukan dan Bakesbangpol dan kita tingkatkan secara terus menerus untuk membebaskan generasi muda dalam bahaya Narkoba.

 

Teks/Foto : Bambang Sulistyono, S.IP (Tim Publikasi BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom