Sebatik Barat, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Melalui Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan melaksanakan sosialisasi SIKDA Generik bertempat di ruang rapat Puskesmas Setabu, Selasa (14/5/2024).

SIKDA Generik adalah upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI dalam menerapkan standarisasi dalam Sistem Informasi Kesehatan (SIK) sehingga tersedianya kumpulan data informasi mengenai kesehatan yang tepat, akurat, serta cepat dalam pengambilan keputusan kebijakan di bidang kesehatan dalam lingkup kabupaten/kota.

Saat ini tersedia aplikasi untuk penyelenggaraan RME (Rekam Medik Elektronik) yaitu sikda generik yang merupakan milik Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI yang bisa digunakan secara gratis untuk seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Nunukan.

Dalam Sosialisasi ini langsung di praktekkan ke poli- poli yang ada di puskesmas setabu di antaranya, poli umum, poli anak, poli gigi, dan poli KIA. Di harapkan dengan adanya sosialisasi ini ke puskesmas setabu agar dapat melaksanakan Rekam Medik Elektronik dimulai dari pendaftaran pasien, pelayanan pasien dan diagnosa pasien di puskesmas setabu.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom