Sembakung Atulai, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melalui Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan melanjutkan sosialisasi SIKDA Generik di wilayah III.  Puskesmas yang dikunjungi yaitu Puskesmas Sanur, Puskesmas pembeliangan, Puskesmas atap, Puskesmas Tanjung Harapan, Puskesmas Mansalong dan Puskesmas Binter.

Lokus sosialisasi hari ini dilaksanakan di Puskesmas Tanjung Harapan, Senin (9/9/2024).

SIKDA Generik adalah upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI dalam menerapkan standarisasi dalam Sistem Informasi Kesehatan (SIK) sehingga tersedianya kumpulan data informasi mengenai kesehatan yang tepat, akurat, serta cepat dalam pengambilan keputusan kebijakan di bidang kesehatan dalam lingkup kabupaten/kota.

Saat ini tersedia aplikasi untuk penyelenggaraan RME (Rekam Medik Elektronik) yaitu SIKDA Generik yang merupakan milik Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI yang bisa digunakan secara gratis untuk seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Nunukan.

Dalam sosialisasi ini dilakukan praktek langsung di setiap poli yaitu poli umum, poli KIA, Poli Gigi dan di bagian loket.

Dilanjutkan dengan pemberian 2 unit laptop untuk Puskesmas Tanjung Harapan guna menunjang pelaksanaan sistem informasi puskesmas salah satunya melalui implementasi rekam medik elektronik, anggaran pengadaan laptop dibebankan oleh dana APBD Dinkes P2KB tahun 2024.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini Puskesmas Tanjung Harapan dapat mengimplementasikan rekam medik elektronik yang akan terintegrasi ke satusehat platform. 

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS