SIMP4TIK News - Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Utara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Borneo Tarakan menggelar Pelatihan Vokasi Pengelolaan TPS3R program kotaku tahun 2022 bertempat di ruang rapat lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (16/11). 

Mewakili Bupati Nunukan Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, Masniadi S. Hut., M. A.P menjelaskan masyarakat selama ini masih melihat sampah sebagai sesuatu yang tidak berguna. Sehingga perlakuan terhadap sampah masih sangat konvensional, yaitu hanya dibuang ke tempat pembuangan sampah, tanpa ada pemilihan terlebih dahulu.

"Atas nama pemerintah, saya menyambut baik kegiatan pelatihan Vokasi Pengelolaan TPS3R ini. Dengan pelatihan ini masyarakat diharapkan makin sadar bagaimana cara mengelola sampah secara baik. Mereka mulai menerapkan Reduce, Recycle dan Reuse atau mengurangi sampah, mendaur ulang dan menggunakan kembali sampah- sampah yang masih bisa dimanfaatkan," harapnya.

Sementara itu pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Utara Dwi Mifatul mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat, pemerintah daerah serta pengelola TPS3R dalam pengelolaan persampahan dan ekonomi sirkular," katanya. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom