SIMP4TIK News - Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dengan mengusung tema Menumbuhkan Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah air bagi Generasi Muda, kegiatan tersebut berlangsung di ruang pertemuan Kantor Camat Nunukan Selatan, pukul 08.30 -12.00,  Kamis (17/11/).
Sekretaris Camat Nunukan Selatan Andi Jusriani, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan sosialisasi wawasan, kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan mengahdirkan 2 Narasumber yang terdiri dari Badan Kesatauan Bangsa dan Politik Kabupaten Nunukan dan Bawaslu Kabupaten Nunukan dan peserta terdiri dari Pelajar putra dan purti Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 dan 2 yang berada dalam wilayah kecamatan Nunukan yang berjumlah 60 orang.

Kepala Bidang Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan Emiliana Nata Koten,l,SH dalam paparannya menjelaskan cinta Tanah air adalah perasaan kebangsaan rasa memiliki, rasa mengahargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat dimana tinggal berasal.

Rasa cinta Tanah air perlu di tumbuhkan dalam setiap jiwa dan individu sejak dini melalui pendidikan dengan memberikan pengetahuan dan nilai budaya yang ada di indonesia, mengenalkan lagu kebangsaan dan rekreasi budaya.

Beberapa manfaat yang dapat diambil bagi diri kita dan juga negara adalah menambah rasa kebanggaan terhadap bangsa Indonesia, menjadi individu yang tidak mudah di adu domba, menimbulkan prilaku membela tanah air , terciptanya keamanan dan kedamaian di lingkungan masyarakat, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan lebih mengahargai pahlawan.

Dalam paparannya juga disebutkan beberapa contoh cara mencintai tanah air seperti menghormati simbol Negara, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, menjaga dan merawat kebersihan lingkungan, membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman di lingkungan dan tidak menyebarkan ujaran kebencian atau berita hoax.

Mengakhiri dalam paparanya,ada pantun buat peserta sosialisasi wawsan kebangsaan yang di laksanakan oleh pemerintah kantor camat Nunukan,

Ibu minta sebuah rahasia, Rahasia lama harus dijaga,aku cinta Indonesia,dengan segenap Jira raga.Jalan - jalan ke mansaapa, santai sejenak melepas dahaga, indah negriku yang tercinta ,kan bubela sepanjang masa.(*)

 

 





 

Teks/Foto : Bambang Sulistyono, S.IP (Tim Publikasi BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom