SIMP4TIK News - Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan, Muhammad Irfan Ahmad, menyebut tingkat kesadaran masyarakat membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) meningkat signifikan.

Menurut Muhammad Irfan Ahmad, kesadaran tersebut meningkat sejak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan mendapatkan Penghargaan Adipura awal tahun 2023 lalu.

"Dengan diperolehnya penghargaan Adipura, sudah banyak masyarakat yang mengerti dan membuang sampah ke TPS," ujar Muhammad Irfan Ahma saat ditemui diruang kerjanya.

Lanjut, Muhammad Irfan Ahmad, meningkatnya volume sampah di Nunukan, dapat dilihat dari TPS yang disiapkan oleh DLH dibeberapa titik, selama ini jadi membeludak.

"Karena masyarakat sudah tidak lagi membuang sampah di sungai atau dibelakang rumahnya, semua sampahnya diarahkan ke TPS artinya tingkat kesadaran masyarakat sudah bagus," ujarnya.

Muhammad Irfan Ahmad, menilai volume sampah tahun ini lebih meningkat dibanding tahun lalu, jika tahun sebelumnya ada di kisaran 13 hingga 15 ton perhari, sekarang volume sampah tahun ini dikisaran 15 hingga 17 ton perharinya.

"Sampah terbanyak adalah sampah rumah tangga dan toko," imbuhnya. 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom