SIMP4TIK News - Menindaklanjuti harapan Tim Desa Anti Korupsi  Kabupaten Nunukan, Tim IT Kabupaten Nunukan akan ke Desa Sungai Limau pada Selasa  pekan depan, 30 Mei 2023. Informasi ini disampaikan Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Andi Akmal SKom MAP di ruang kerjanya,  Jumat (26/5)

 Andi Akmal SKom MAP akan membawa tiga orang anggota Tim IT yang selama ini terlibat di dalam membangun, mengembangkan dan mengintegrasikan aplikasi layanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

“Sesuai harapan Inspektur Pak Jumianto selalu Koordinator Tim Desa Anti Korupsi Kabupaten Nunukan, saya akan membawa tiga orang ke Desa Sungai Limau untuk mempersiapkan agen digital desa,” katanya.

Agen digital desa ini, tambah Akmal, diambil dari staf desa atau masyarakat dari desa Sungai Limau yang akan diberikan pelatihan singkat di desa  untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi layanan publik yang akan digunakan di desa.

“Orang yang akan ditugaskan sebagai agen digital desa ini nantinya akan ditentukan oleh Kepala Desa dan Tim IT akan memberikan semacam pelatihan atau kursus singkat di desa, pendalamannya kita akan lakukan di Ruang IT Diskominfo Kantor Bupati pada kesempatan berikutnya,” ungkapnya.

Akmal yakin dengan pendampingan dan pelatihan yang diberikan kepada Agen Digital Desa ini akan mempercepat proses digitalisasi layanan publik di desa.

“Agen Digital Desa kita mulai dulu di desa Sungai Limau, setelah menunjukkan hasil sesuai dengan standardisasi digitalisasi sesuai dengan indikator yang sudah ditentukan Komisi Pemberantasan Korupsi, kita akan terapkan juga di desa-desa lain,” katanya.

Kunjungan Tim IT di desa Sungai Limau akan bersama dengan anggota Tim Desa Anti Korupsi Kabupaten Nunukan untuk melakukan review terhadap indikator yang perlu dilengkapi termasuk diantaranya digitalisasi layanan publik di desa Sungai Limau.

“Yang paling utama harus dilakukan Kepala Desa adalah menyiapkan orang-orang yang nantinya akan ditugaskan menjadi agen digital desa, dan tugas kami Tim IT segera memberikan pendampingan dan pelatihan,” imbuh Akmal. (*)

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim