SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE MSi dan Sekretaris Daerah Serfianus, S IP MSi bersama unsur Forkopimda menyambut kedatangan Tim Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) di Pelabuhan Liem Hie Djung. Tim Lemhannas disambut dengan tarian tepung tawar dan pengalungan syal manik khas Kaltara sebagai simbol prosesi penyambutan tamu yang datang, Kamis (9/11).

Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan menyambut baik kedatangan tim Lemhannas di Bumi Penekindi Debaya ini. Dengan kedatangannya, bisa melihat secara langsung Kabupaten Nunukan, wilayah terluar yang terbagi menjadi beberapa pulau dan berbatasan langsung dengan jiran Malaysia.

Maksud dan tujuan kunjungan tim lemhannas ke Kabupaten Nunukan untuk memberikan gambaran pelaksanaan Kajian Strategis yang akan mendiskusikan tentang Penguatan Lembaga Penyiaran Publik RRI di Wilayah 3T dan Perbatasan Negara guna memperkokoh Ketahanan Nasional. Tujuan agar dapat dijadikan pedoman bagi para Narasumber dalam mempersiapkan bahan diskusi yang akan disampaikan pada Focus Group Discussion (FGD).

Di ketahui bersama bahwa Kabupaten Nunukan merupakan daerah Perbatasan yang strategis karena menjadi pintu masuk bagi warga asing atau pihak luar lainnya yang berkepentingan untuk masuk ke wilayah NKRI. Namun demikian, masyarakat di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Perbatasan negara mengalami keterbatasan dan tertinggal dari berbagai aspek pembangunan seperti aspek pendidikan, informasi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan nasionalisme. Sebagai upaya mengurangi keterbatasan yang ada di wilayah ini media dapat difungsikan sebagai window on event and experience.

 

 

 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom