SIMP4TIK News - Tim Siaga Bencana Lumbis Pansiangan Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara) Indonesia melakukan pencarian korban-korban perahu karam di Sungai Talangkai Sepulut Daerah Nabawan Sabah Malaysia, Rabu (12/4/2023).

Ketua Tim Siaga Bencana Lumbis Pansiangan Nunukan Kaltara Paulus Angkuk, mengatakan pihaknya dihubungi oleh Ketua Daerah Pagalungan Sabah Malaysia, Fhilip Antugi yang menyampaikan bahwa telah terjadi kemalangan atau kecelakan perahu karam, dan orang hilang tenggelam.

"Korban perahu karam ada 3 orang yaitu seorang ibu dengan 2 orang anaknya, sedangkan yang satunya lagi merupakan seorang yang turut membantu pada saat mencari korban," ungkapnya, Kamis (13/4/2023).

Berdasarkan informasi dari Ketua Daerah Pagalungan Sabah Malaysia tersebut, pihaknya meminta tolong jika ada yang menemukan jenasah para korban di Indonesia.

"Karena itu kepada seluruh masyarakat Lumbis Pansiangan, Lumbis Ogong, Lumbis, Sembakung Atulai dan Sembakung jika ada yang menemukan jenasah mohon menghubungi kami untuk kami teruskan kepada Ketua Daerah Pangalungan," ujarnya.

Paulus Angkuk menjelaskan kronologis kejadian awal karamnya perahu yang ditumpangi oleh keluarga Rabinus bin Palanuk bersama keluarganya pulang dari kebun dan menyebrang sungai Panawan.

"Tujuannya pulang ke kampung Sinsingon dengan menggunakan perahu ketinting," terang Paulus.

Menurut Paulus pada saat itu kondisi air banjir dan perahu ketinting melintang dan karam dan korban tenggelam.

"Korban yang tenggelam adalah istri dan 2 anaknya, dan istrinya tersebut sudah ditemukan, namun  2 anak belum ditemukan," ungkap Paulus.

Lanjut Paulus pada misi pencarian korban dikawasan Agis (Salung) terjadi lagi korban susulan, lemas tenggelam pada saat berenang menuju seberang dengan maksud menyebar mencari korban sebelumnya diseberang sungai.

"Mungkin karena kelelahan tiba-tiba tenggelam di tengah sungai tidak muncul lagi hingga dinyatakan lemas tenggelam. Sehingga saat ini dalam pencarian 3 orang yaitu 2 anak dan satu orang laki-laki dewasa," imbuhnya.

Adapun gambaran geografis alur sungai dari Sabah Malaysia sampai ke Indonesia, Sungai Panawan, dialirkan menuju Sungai Talangkai, kemudian dialirkan menuju Sungai Pampangon, terus dialirkan menuju Sungai Logongon, kemudian dialirkan menuju sungai Pansiangan perbatasan Malaysia dan Indonesia kemudian terus dialirkan menuju Sungai Sembakung.

 

Sumber foto: Kecamatan Lumbis Pansiangan

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS