Sebatik Timur, SIMP4TIK - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP - PKK) se - Kecamatan Sebatik Timur  mengadakan pelatihan pembuatan minuman kesehatan dari tanaman obat keluarga atau jamu tradisional bertempat di Aula Kantor Desa Tanjung Aru Kecamatan Sebatik Timur, Sabtu (29/6/2024).

Ketua TP PKK Desa Tanjung Aru, Nurica mengatakan tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan kreativtas ibu - ibu PKK dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan keluarga yang bernilai ekonomis. 

Disampaikan Nurica, bahan yang digunakan berasal dari tanaman herbal yang mudah didapatkan. 

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu PKK untuk pemenuhan kesehatan keluarga yang bernilai ekonomis, karena bahan yang kita gunakan berasal dari tanaman herbal yang berada disekitar rumah masing-masing," ucapnya.

Disampaikan Nurica, dalam praktek pelatihan tersebut, peserta berhasil membuat lima varian minuman sehat yakni kunyit asam, salam bombay, sarabba, susu kurma dan STMJ. 

Nurica berharap hasil dari pelatihan ini, bukan hanya untuk dikonsumsi sendiri namun kedepannya dapat dijual.

"Kami berharap kedepannya minuman sehat ini dapat kami pasarkan," ujarnya.

Di tempat yang sama, disela kunjungan kerja di Kecamatan Sebatik Timur Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Asmar dan rombongan mencicipi minuman hasil dari pelatihan ibu-ibu TP PPK tersebut. 

Tak lupa Asmar menyampaikan apresiasinya. Menurutnya kegiatan ini sangat baik dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Sebagai penikmat minuman sehat  saya suka minuman yang ibu-ibu buat ini, rasanya lumayan enak dan kemasannya juga sudah bagus," ujar Asmar.

Di kesempatan tersebut Asmar berdialog bersama ibu-ibu. Ada beberapa poin penting yang disarankan oleh asisten yang juga sempat menjabat sebagai camat di pulau Sebatik itu, mulai dari cara buat, daya tahan minuman, cara kemasannya, cara promosi / tempat jual dan lain sebagainya. 

"Minuman ini jangan hanya untuk dikonsumsi sendiri tapi bisa dipasarkan. Coba saja ibu-ibu buat dan tawarkan kepada pejabat-pejabat yang berkunjung di Sebatik juga kepada pengusaha-pengusaha yang berada di Sebatik ini," pungkasnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom