SIMP4TIK – Anugrah yang luar biasa bagi Kabupaten Nunukan,  dimana dengan alamnya yang menurut pakar tidak cocok untuk pembudidayaan rumput laut namun kenyataannya potensi budidaya rumput laut di Kabupaten Nunukan kian hari kian menjanjijkan. Hal ini terlihat dengan meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan  petani dan pelaku usaha rumput laut.

Namun sayang dengan produksi rumput laut mencapai 5.000 ton  per bulan tidak di sertai dengan kualitas  yang baik,  hal ini  disebabkan penanganan pasca panen yang kurang memadai, sehingga mempengaruhi kestabilan  harga di tingkat petani.

Melihat permasalahan tersebut, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan  berencana akan mengaktifkan pemanfaatan  Sistem Resi Gudang (SRG) untuk memberikan solusi bagi para petani/pelaku usaha, terutama kelompok tani, koperasi dan UKM, dalam penanganan pascapanen dan pemasaran.

“Kita punya Gudang yang dapat di manfaatkan untuk SRG ,"ujar Sabri  dalam pertemuan terkait Resi Gudang yang dihadiri oleh Wakil Bupati  Nunukan dan Kepala Kantor Cabang Bank Kalimtara di Ruang Kerja Wakil Bupati Nunukan pada Kamis, (11/5).

Lanjut Sabri, ada beberapa  investor yang sudah mengajukan untuk pengelolaan resi Gudang namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan koordinasi ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi  (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan selaku pemberi ijin dalam pengelolaan Gudang dalam Sistem Resi Gudang.

Wakil Bupati Nunukan menyambut baik rencana pemanfaatan Gudang dengan n SRG dalam pasca panen dan pemasaran  rumput laut, namun kita juga harus mensosialisasikan dan mengedukasi terlebih dahulu pada petani rumput laut dan semua pihak yang terlibat dalam usaha rumput laut terkait manfaat SRG.

"Kita juga harus berkoordinasi dengan kementrian yang menangani masalah SRG agar nantinya kegiatan ini bisa berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi penggunannya," saran Hanafiah. 

Manfat yang didapat dalam pemanfaatan SRG adalah  stabilitas harga  dan pembiayaan  bagi kelangsungan usahannya. Sehingga dengan SRG  diharapkan para petani/UKM/pelaku usaha rumput laut  dapat  memperoleh  profit yang maksimal, dengan jasa layanan SRG. 

"Karena dengan SRG dapat   terhubung dengan informasi harga yang ada di pasar lelang dan bursa komoditi sehingga pelaku usaha/petani mendapatkan margin yang terbaik dalam menjual komoditinya.sehingga dapat  meningkatkan pendapatannya. (*)

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim