Nunukan, SIMP4TIK- Dinkes Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana selaku sekretariat TPPS Kabupaten Nunukan turut mensukseskan kegiatan Tinjauan Lapangan Penilaian Kinerja Kabupaten dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan di lokus Kelurahan Nunukan Tengah, Kecamatan Nunukan, Selasa (04/06/2024).

Kelurahan Nunukan Tengah telah terpilih sebagai lokus tinjauan lapangan karena angka stunting di wilayah tersebut dalam tiga tahun terakhir mengalami penurunan setiap tahunnya dan mengangkat satu inovasi yaitu Mama Mecing. Program ini merupakan suatu kegiatan yang diinisiasi oleh kader posyandu bambu yang merupakan binaan Dharma Wanita kejaksaan yaitu Adhyaksa Dharma Karini.

Mama Mecing memiliki aktivitas antara lain melakukan demonstrasi masak untuk peserta posyandu, makan bersama di Posyandu, KIE melalui pemberian PMBA (Pemberian Makanan Bayi dan Anak) pada anak, serta pemberian edukasi tentang pemanfaatan tentang sumber bahan pangan lokal. Tujuan mama mecing adalah meningkatkan dan menarik minat masyarakat untuk datang ke Posyandu, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman PMBA pada keluarga, serta mendukung upaya penurunan stunting di Kabupaten Nunukan khususnya wilayah Kelurahan Nunukan Tengah, Kecamatan Nunukan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Penilai Kinerja dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting Kabupaten Nunukan dari Provinsi Kalimantan Utara, TPPS Kabupaten Nunukan, TPPS Kecamatan,TPPS Kelurahan, Unsur Forkopimda, dan Forkopimcam.

Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan dan arahan dari Ketua TPPS Kabupaten Nunukan oleh Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah. Dalam sambutannya Hanafiah menyampaikan upaya Kelurahan Nunukan Tengah dapat dijadikan contoh untuk wilayah kelurahan dan desa di Kabupaten Nunukan dan semoga kegiatan penilaian ini dapat memicu semangat untuk TPPS lainnya.

Tak lupa tim penilai menyampaikan bahwa penilaian ini merupakan salah satu bentuk pembinaan serta bertujuan untuk memotret kinerja lapangan TPPS Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan/ Desa dalam melaksanakan 8 aksi konvergensi penurunan stunting. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk terus melakukan inovasi lainnya dalam upaya menurunkan stunting.

Kemudian Camat Nunukan memberikan paparan mengenai gambaran umum pelaksanaan 8 aksi konvergensi di tingkat Kecamatan Nunukan. Lalu dilanjutkan dengan paparan dari TPPS Kelurahan Nunukan Tengah dalam pelaksanaan kegiatan di TPPS nya. Acara dilanjutkan dengan paparan selayang pandang tentang Inovasi Mama Mecing.

Setelah rangkaian paparan inovasi di sajikan, selanjutkan dilakukan tanya jawab oleh tim penilai. Acara diakhiri dengan kunjungan lapangan untuk melihat secara langsung pelaksanaan Inovasi Mama Mecing di Posyandu Bambu. Hadir secara khusus dalam pendampingan yaitu Ketua TP PKK Kabupaten, Sri Kustarwati beserta anggota, Dharma Wanita persatuan Kabupaten Nunukan. Acara diakhiri dengan penyampaian testimoni oleh keluarga resiko stunting yang hadir. Mereka merasa senang karena mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan dan Provinsi.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS